@phdthesis{digilib21958, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12420120 Munifah Yeni Utami}, year = {2016}, note = {Drs. H. Zainal Arifin Ahmad M. Ag}, keywords = {pengembangan, pocket book, penguasaan mufrod{\=a}t}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21958/}, abstract = {Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model reseach and develpoment pada level 3 yang dikembangkan oleh Sugiono yang terdiri dari 10 tahap yaitu: penelitian terhadap produk yang telah ada, studi literatur dan penelitian lapangan, perencanaan desain produk, pengujian internal desain, revisi desain, pembuatan produk, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba lapangan dan revisi produk. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab dalam bentuk pocket book untuk siswa kelas VII MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta dan untuk mengetahui kelayakan media bahasa Arab berbasis pocket book berdasarkan penilaian dosen ahli, guru bahasa Arab MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta dan respon 22 siswa MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Hasil penelitian pengembangan berupa media pembelajaran bahasa Arab berbasis pocket book untuk siswa kelas VII MTs Ibnul Qoyyim Putri. Kualitas pocket book berdasarkan penilaian validator ahli adalah sangat baik dengan persentase keidealan 89,16\%. Serta hasil respon siswa terhadap media pocket book pada uji lapangan utama adalah sangat positif dengan persentase keidealan 88,66\%. Dampak dari penerapan pocket book yaitu meningkatkan penguasaan mufrod{\=a}t siswa yang ditunjukkan dengan hasil evaluasi sebelum menggunakan media pocket book sebesar 58,63 sedangkan hasil evaluasi setelah menggunakan media pocket book sebesar 87,72. Kata kunci: pengembangan, pocket book, penguasaan mufrod{\=a}t} }