<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI)"^^ . "Asbab al-Nuzul sebagai metode memahami al-Quran, sejak dahulu sudah\r\ndipertimbangkan oleh para pemerhati al-Quran, namun hanya sebatas opsi\r\nmengetahui ayat-ayat yang di anggap sulit untuk di pahami. Berbeda dengan apa yang\r\ndilakukan oleh ulama kontemporer, sebagaimana yang dilakukan Muhammad Abid\r\nal-Jabiri, beliau menjadikan asbab al-nuzul sebagai metode penyusunan ulang al-\r\nQuran secara tartib nuzuly, sebagai cara untuk memahami al-Quran secara Obyektif\r\ndan terbebas dari bias-bias ideologi dan mazhab. Ditangan pemikir seperti beliau,\r\nasbab al-nuzul kini menjadi sebuah patokan dasar dan memahami al-Quran,\r\nsebagaimana yang beliau aplikasikan teori \"ja’ala Qur’an Mu’assiran Linafsihi wa\r\nMu’assiran lana\" yang menjadikan al-Quran sezaman dengan zamannya dan zaman\r\nkita, ia mengatakan bahwa penggunaan asbab al-Nuzul sebagai satu-satu nya cara\r\nuntuk menjadikan al-Quran sezaman dengan zamannya. Namun, ketika menjadikan\r\nal-Quran sezaman dengan zamannya, al-Jabiri menemukan sebuah dialektika Filosofis\r\nantara periode turunnya al-Qur’an dengan proses dakwah nabi, sebuah dialektika\r\nsejajar di antara keduanya. Hal ini menjadikan al-Jabiri merumuskan sebuah teori\r\ndialektika antara nabi Muhammad dan Al-Quran, yaitu \"Qiraah al-Quran bi al-Sirah wa\r\nQiraatu al-Sirah bi al-Qur’an\". (Membaca al-Quran melalui sejarah dan membaca\r\nsejarah melalui al-Quran). Adapun yang dimaksud sejarah disini adalah proses\r\nSejarah Nabi Muhammad ketika berdakwah. berangkat dari ini lah, penulis tertarik\r\nmeneliti al-Jabiri beserta teori-teori yang beliau kembangkan.\r\nPenelitian ini bermaksud untuk menelisik lebih dalam mengenai teori\r\nkesejajaran perkembangan turunnya al-Qur’an dengan perjalanan dakwah Nabi\r\nMuhammad beserta aplikasinya terhadap al-Qur’an. hasilnya adalah teori yang\r\ndigagas oleh al-Jabiri ini memang layak dipertimbangkan dan dikembangkan, sebab\r\nbeliau secara jelas mampu untuk mendiskripsikan sebuah kesejajaran antara al-Qur’an\r\ndan sejarah kenabian, bagaimana sebuah teks al-Quran menuntun dakwah Nabi\r\nMuhammad. Bukan hanya itu, beliau juga menunjukkan bagaimana teorinya mampu\r\ndiaplikasikan dalam ayat-ayat kisah yang disusun secara tartib nuzuly.\r\nBegitu juga dalam ranah aplikasi secara utuh terhadap al-Quran, dengan\r\nbantuan tartib nuzuly beliau mampu mengkatagorisasikan dakwah Nabi Muhammad\r\nkedalam beberapa fase yang memiliki kesesuaian dengan proses turunnya al-Qur’an,\r\nsebagaimana dalam fase Makkiyah yang memiliki enam fase dakwah, yang di setiap\r\nfase berkesuaian dengan ayat al-Quran dengan ideografi tertentu. misalnya fase\r\npertama, ideografi kenabian dan ketuhanan, mampu berkesuaian dengan dakwah awal\r\nkenabian yang fokus kepada penguatan iman dan peneguhan kenabian. Begitu\r\nseterusnya, keindahan kesejajaran itu tampak sangat teratur dan berkesesuaian.\r\nNamun dalam fase Madaniyah, al-Jabiri kehilangan nuansa kesejajaran yang indah\r\nsebagaimana dalam surat-surat Makkiyah, hal ini dikarenakan adanya multikhitob\r\nyang terdapat dalam ayat dan surat Madaniyah, sehingga untuk menjadikannya ke\r\ndalam fase-fase seperti di Makkiyah dirasa sulit dan berat. Bukan hanya itu, adanya\r\nsurat yang turun dalam kurun waktu yang lama, juga diangap menjadi problem dalam\r\nkategorisasi dan pengungkapan dialektika dengan dakwah Nabi Muhammad"^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12531151"^^ . "MUHAMMAD WAHYUDI"^^ . "NIM. 12531151 MUHAMMAD WAHYUDI"^^ . . . . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI) (Text)"^^ . . . "12531151_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI) (Text)"^^ . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI) (Other)"^^ . . . . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI) (Other)"^^ . . . . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI) (Other)"^^ . . . . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI) (Other)"^^ . . . . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN\r\nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD\r\n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21970 \n\nKORELASI PERKEMBANGAN TURUNNYA AL-QURAN DENGAN \nPERJALANAN DAKWAH NABI MUHAMMAD \n(STUDI KITAB FAHM AL-QURAN AL-HAKIM KARYA MUHAMMAD ABID AL-JABIRI)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .