%A NIM. 12391043 AJI PAMUNGKAS %O 1. M. KURNIA RAHMAN ABADI, S.E., M.M 2. H. M. YAZID AFANDI, M. Ag %T PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL BANK MUAMALAT KANTOR CABANG YOGYAKARTA %X Total Quality Management (TQM) merupakan alat atau pendekatan yang digunakan manajemen pada suatu organisasi, berfokus pada kepuasan pelanggan dan didasarkan atas partisipasi dari keseluruhan sumber daya manusia dan ditujukan pada kesuksesan janga panjang. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara Total Quality Management (TQM) dengan kinerja manajerial Bank Muamalat Kantor Cabang Yogyakarta. Adapun indikator TQM yang dijadikan variabel independen yaitu fokus pada pelanggan, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan sistem berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan karyawan serta keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel-variabel TQM berpengaruh secara simultan terhadap kinerja manjerial Bank Muamalat Cabang Yogyakarta. Akan tetapi varibel fokus pada pelanggan, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial, sedangkan variabel perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, serta keterlibatan dan pemberdayaan karyawan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial Bank Muamalat Cabang Yogyakarta. %K Total Quality Management (TQM), fokus pada pelanggan, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan sistem berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan karyawan, keterlibatan dan pemberdayaan karyawan, kinerja manajerial, Bank Muamalat Cabang Yogyakarta %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib21993