@phdthesis{digilib22079, month = {August}, title = {PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP ETIKA BISNIS ISLAM PENGUSAHA BREM DI DESA KALIABU KECAMATAN MEJAYAN KABUPATEN MADIUN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12810008 ALDO ROBBY PRADANA}, year = {2016}, note = {Religiusitas, Etika Bisnis Islam, Pengusaha Brem Desa Kaliabu}, keywords = {Religiusitas, Etika Bisnis Islam, Pengusaha Brem Desa Kaliabu}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22079/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap etika bisnis pengusaha brem di Desa Kaliabu Mejayan Madiun.Religiuitas terdiri dari Dimensi Keyakinan, Dimensi Praktek Agama, Dimensi Pengetahuan, Dimensi Pengalaman, dan Dimensi Pengamalan. Hasil penelitian dapat menjadi masukan bagi pengusaha untuk menjalankan bisnis dengan syariat Islam. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 38 pengusaha brem yang berada di Desa Kaliabu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental sampling. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner, metode wawancara dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan Uji Koefisien Determinasi diketahui bahwa nilai Adjusted R2 sebesar 31,1\% artinya kelima dimensi dalam Variabel Religiusitas dapat mewakili 31,1\% variabel yang mempengaruhi Etika Bisnis Islam. Sedangkan 68,9\% sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Secara simultan, lima variabel dimensi dalam Religiusitas berpengaruh terhadap Etika Bisnis Islam dengan tingkat signifikansi sebesar 0,004. Secara parsial, Dimensi Keyakinan dan Dimensi Pengetahuan Agama berpengaruh signifikan terhadap Etika Bisnis Islam sebesar 0.021 dan 0,018. Sedangkan Dimensi Praktek Agama, Dimensi Pengalaman dan Dimensi Pengamalan mempunyai hasil yang tidak signifikan terhadap Etika Bisnis Islam.} }