eprintid: 22108 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/21/08 datestamp: 2016-09-28 08:03:25 lastmod: 2016-11-24 04:33:17 status_changed: 2016-09-28 08:03:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SAIFUL UMAM, NIM. 09210018 title: GAMBARAN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA FILM DOKUMENTER MIMPI DI KANDANG WEDUS GEMBEL (TINJAUAN TEKNIK SINEMATOGRAFI) ispublished: pub subjects: KD divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Gambaran, Ukhuwah Islamiyah, Film Dokumenter, Teknik Sinematografi 5C. note: Dra. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si. abstract: Saiful Umam: 09210018. Skripsi: "Gambaran Ukhuwah Islamiyah Pada Film Dokumenter Mimpi Di Kandang Wedus Gembel Dalam Tinjauan Teknik Sinematografi". Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 2016. Sebagai alat komunikasi massa, media film dokumenter mampu menampilkan gambaran atau reflektor dari isu yang terjadi dalam masyarakat baik yang bersifat faktual maupun fiksional melalui teks visual dan auditif. Film Mimpi Di Kandang Wedus Gembel misalnya, gambaran kehidupan warga desa di kawasan dekat puncak Gunung Merapi, namun akibat masih kuatnya rasa cinta tanah kelahiran, budaya, adat istiadat dan kepercayaan masyarakat pada mitos, membuat masyarakat desa tersebut memilih untuk tetap bertahan dan hidup di kawasan puncak Gunung Merapi meski mendapat arahan untuk relokasi dari pemerintah. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis tentang gambaran ukhuwah Islamiyah yang ditekankan pada teknik sinematografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ukhuwah Islamiyah divisualisasikan menggunakan asas sinematografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan analisis bahan visual yaitu analisis untuk mengetahui proses pembuatan bahan visual. Peneliti menelusuri proses dan motif dalam penggambaran ukhuwah Islamiyah pada film Mimpi Di Kandang Wedus Gembel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran ukhuwah Islamiyah ini divisualkan dengan adanya hubungan ta’aruf, ta’aluf, tafahum, ri’ayah dan tafaqud, ta’aawun, serta tanashur yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Balerante menggunakan teknik sinematografi dengan cara mengkombinasikan sudut pandang angle kamera objektif, subjektif dan point of view. Eye level angle lebih sering digunakan untuk visualisasi adegan tertentu karena film ini lebih menonjolkan sisi esai dan pemaparan narasi dan gambar yang terbingkai ke dalam frame film. Long shot untuk menonjolkan gambaran realita yang ada dilapangan dan medium shot untuk memvisualkan narator atau narasumber. Komposisi pada film Mimpi di Kandang Wedus Gembel lebih pada penggunaan komposisi formal. Contiuity (kesinambungan) yang digunakan yaitu lebih dominan pada kesinambungan ruang karena visual pada film ini merupakan peristiwa fakta tanpa adanya rekayasa. Oleh karena itu terdapat juga flashforward (kilasan balik) dalam memvisualkan keadaan atau suatu peristiwa tertentu. Sedangkan teknik cutting atau editing yang dipakai adalah lebih kepada editing kontiniti. date: 2016-07-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SAIFUL UMAM, NIM. 09210018 (2016) GAMBARAN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA FILM DOKUMENTER MIMPI DI KANDANG WEDUS GEMBEL (TINJAUAN TEKNIK SINEMATOGRAFI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22108/2/09210018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22108/1/09210018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf