<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "NILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH”"^^ . "Film menjadi salah satu media komunkasi yang sangat diminati oleh\r\nmasyarakat belakangan ini. Seiring dengan cepatnya laju kemajuan teknologi\r\ninformasi yang membawa banyak perubahan bagi masyarakat, mulai dari cara\r\nberpikir, bersikap, ataupun berperilaku. Perubahan itu tak lepas dari peran media\r\nsebagai sarana atau alat yang dapat membantu memperlancar aktivitas\r\nkomunikasi. Di mana memalui film masyarakat dapat melihat potret realitas yang\r\nsedang berkembang, ataupun menyerap informasi, sejarah atau masa lalu. Selain\r\nitu, film juga dapat mengembangkan kreatifitas atau fantasi audiens sebagai\r\npenikmat/pemirsa.\r\nFilm drama religi menjadi salah satu genre yang mulai banyak diproduksi\r\noleh para sineas Indonesia, salah satunya adalah film \"Sang Pencerah\" yang\r\ndiangakat dari sejarah perjuangan tokoh pendiri organisasi masyarakat (ormas)\r\nIslam \"Muhammadiyah\", K. H. A. Dahlan yang menceritakan tentang ijtihad\r\nbeliau serta upaya permurnian dan pembaharuan terhadap ajaran agama Islam di\r\nmasa itu. Sehingga penulis tertarik untuk mendeskripsikan proses ijtihad K. H.\r\nAhmad Dahlan yang digambarkan dalam film \"Sang Pencerah\". Dengan cara\r\nmendeskripsikan unsur-unsur ijtihad yang terdapat dalam film \"Sang Pencerah\"\r\ndan menjelaskan bagaimana nilai ijtihad yang digambarkan dalam film \"Sang\r\nPencerah\".\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan\r\nsumber data utama yakni: scene atau potongan gambar adegan film \"Sang\r\nPencerah\". Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku literatur, novel\r\nkarya Akmal Nasery Basral yang berjudul \"Sang Pencerah\", dan dokumendokumen\r\npendukung lainya.Adapun analisis data yang digunakan dalam\r\npenelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes.\r\nHasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam scene (potongan gambar\r\nadegan) film \"sangpencerah, setidaknya terdapat tiga lapisan makna yang\r\ndibongkar, antara lain : (1) Lapisan Informasional, yakni segala sesuatu yang bisa\r\ndiserap indra seperti latar (setting), kostum, tata letak, karakter, kontak, atau relasi\r\nyang terjadi diantara pelaku, serta gerak laku tokoh yang bisa langsung terlihat\r\njelas.(2) Lapisan Simbolis, yakni adegan ijtihad K. H. Ahmad Dahlan untuk\r\nmengkonfirmasi arah kiblat dengan peta dunia, kemudian memusyawarahkan\r\npermasalahan tersebut. (3) Lapisan makna, yakni signifience (tanda denotatif)\r\nyang berelasi dengan tanda konotatifnya sebagai determenasi ganda terhadap\r\nmakna simbolis yang bersifat intensional (kelihatan) dengan elemen – elemen\r\nyang ditampilkan secara tersirat dari simbol – simbol yang sudah dikenal."^^ . "2016-07-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09210091"^^ . "MUHAMMAD FIRDAUS ASSIDDIQI FIRMANSYAH"^^ . "NIM. 09210091 MUHAMMAD FIRDAUS ASSIDDIQI FIRMANSYAH"^^ . . . . . . "NILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH” (Text)"^^ . . . "NILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH” (Text)"^^ . . . "09210091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "NILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH” (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "NILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH” (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "NILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH” (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "NILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH” (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "NILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH” (Other)"^^ . . . . . . "NILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH” (Other)"^^ . . . . . . "NILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH” (Other)"^^ . . . . . . "NILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH” (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #22113 \n\nNILAI IJTIHAD DALAM FILM “SANG PENCERAH”\n\n" . "text/html" . . . "Komunikasi Islam"@en . .