TY - THES N1 - Drs. Abdul Rozak, M.Pd ID - digilib22125 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22125/ A1 - SALSABILA KHOIRUN NISA, NIM. 12210108 Y1 - 2016/07/19/ N2 - Dalam komunikasi dakwah, seorang da?i yang bertindak sebagai komunikator memegang peranan penting dalam mencapai keberhasilan penyampaian pesan dakwah. Seorang da?i perlu mempunyai metode atau sarana dakwah yang efektif, sehingga ia dapat menyampaikan dakwahnya secara bijak dan arif. Ustadz Restu Sugiharto menerapkan metode penyampaian dakwah melalui Lembaga Pendidikan Pesantren Ustadz Cinta, dengan memberikan pengajaran Islam berbasis masyarakat secara gratis untuk semua kalangan usia. Dalam kurun waktu 3 tahun setelah didirikan, Pesantren Ustadz Cinta mampu menarik respon positif dari ratusan masyarakat melalui variasi kegiatan yang dibentuk. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti untuk mengamati lebih jauh tentang bagaimana strategi komunikasi dakwah yang diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan merupakan penggabungan antara teori perencanaan komunikasi dengan teori strategi komunikasi menurut R. Wayne Pace, Brent D. Peterson dan M. Dallas Burnett. Hasil dari penggabungan teori tersebut menghasilkan uraian langkah perencanaan dan lima strategi komunikasi dakwah yaitu memastikan pemahaman, memberikan pembinaan terhadap penerimaan, memberikan motivasi, membuat rencana komunikasi, dan mengukur pencapaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dalam memastikan pemahaman komunikan terhadap pesan dakwah yang diterima dilakukan dengan memilih metode pemahaman dan melakukan uji pemahaman. Kemudian dalam memberikan pembinaan terhadap penerimaan pesan dengan cara mengontrol konsistensi keikutsertaan komunikan dalam kegiatan dan membentuk kegiatan tambahan berdasarkan kebutuhan. Untuk memberikan motivasi kepada komunikan bentuk nyatanya dengan menerapkan dua prinsip khusus, Leadership dan Creative. Kemudian dalam membuat rencana komunikasi tindakannya dengan menerapkan prinsip SMS (Sesegera mungkin, Memulai dari yang memungkinkan, Sederhana). Terakhir, dalam mengukur pencapaian, strategi yang diterapkan adalah dengan menentukan change evaluation. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi Komunikasi KW - Komunikasi Dakwah M1 - skripsi TI - STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ RESTU SUGIHARTO MELALUI PESANTREN USTADZ CINTA AV - restricted ER -