eprintid: 2221 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/00/22/21 datestamp: 2015-07-31 01:45:01 lastmod: 2015-07-31 01:46:14 status_changed: 2012-05-04 16:42:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zumrotun Nisya, NIM: 03420304 title: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II (Studi Eksperimen Penerapan Cooperative Learning) ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran, BAhasa Arab, MAN Yogyakarta II, Studi Eksperimen, Cooperative Learning note: Dr. Abdul Munip, M.Ag abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh oleh kelompok kontrol (kelompok belajar bahasa Arab yang tidak menggunakan cooperative learning), mengetahui hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen (kelompok belajar bahasa Arab yang menggunakan cooperative learning), dan mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar bahasa Arab siswa kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Yogyakarta II tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 190 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rancangan probability sampling berupa cluster sampling. Dari enam kelas diambil 2 kelas dengan cara pengundian dan didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol (32 siswa) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen (32 siswa). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus point biserial dan uji reliabilitas dengan rumus korelasi K-R 20 . Hasil uji validitas menunjukkan 20 butir soal tes tulis keseluruhannya terbukti valid sedangkan hasil uji reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,8601 dan dinyatakan reliabel. Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat dan uji homogenitas dengan rumus analisis varians. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok kontrol dan eksperimen tersebut menunjukkan bahwa strategi cooperative learning dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dan dapat dijadikan sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab. /div date: 2009-05-19 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE citation: Zumrotun Nisya, NIM: 03420304 (2009) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II (Studi Eksperimen Penerapan Cooperative Learning). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2221/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2221/2/BAB%20II%2C%20III.pdf