<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA)"^^ . "Salat jenazah merupakan salah satu ritual ibadah yang memiliki status\r\nhukum farḍu kifāyah. Idealnya laki-laki dan perempuan boleh melakukan salat\r\njenazah. Akan tetapi realitas menunjukkan bahwa selama ini praktik salat jenazah\r\ndidominasi oleh laki-laki, tidak banyak perempuan melaksanakannya.\r\nSebagaimana yang terjadi dikalangan Nahdliyin (sebutan yang merujuk pada\r\npengikut organisasi Nahdlatul Ulama). Ada perempuan yang melaksanakan salat\r\njenazah seperti masyarakat Nahdliyin Desa Panggungharjo, ada juga perempuan\r\nyang tidak melaksanakan salat jenazah seperti masyarakat Desa Kedungleper.\r\nKenyataan ini menunjukkan bahwa Nahdliyin memiliki variasi dalam urusan\r\nmerawat jenazah sebagaimana yang terjadi antara masyarakat Desa\r\nPanggungharjo dan Desa Kedungleper. Mengapa variasi praktik salat jenazah di\r\nkalangan Nahdliyin terjadi? Apa fakor yang menyebabkan terjadinya variasi\r\npraktik dikalangan Nahdliyin?\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan, studi kasus atas praktik salat\r\njenazah Desa Panggungharjo dan Desa Kedungleper. Penelitian bersifat\r\ndeskriptif-analitik-komparatif. Pendekatan yang digunkan adalah pendekatan\r\nantropologi dengan menggunakan teori tafsir kebudayaan oleh Clifford Geertz\r\nguna menelisik lebih lanjut hal-hal yang terkait dengan latar belakang wujudnya\r\nsimbol kebudayaan. Dalam hal ini adalah wujud dari salat jenazah sebagai simbol\r\nkebudayaan.\r\nHasil penelitian sebagai berikut : Sikap NU yang cair berpengaruh pada\r\nwujud praktik salat jenazah yang bervariasi dikalangan Nahdliyin sebab tidak\r\nsemua urusan ritual keagamaan dikontrol oleh NU, semua diserahkan kepada\r\nkiyai sebagi pemimpin umat. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi\r\nperempuan dalam melaksanakan atau tidak melaksanakan sholat jenazah : (1)\r\nFaktor Internal merupakan faktor yang dipengaruhi dari dalam diri perempuan itu\r\nsendiri. (2) Faktor eksternal merupakan faktor penghambat pekasanaan praktik\r\nsholat jenazah oleh perempuan dari luar diri perempuan, seperti faktor budaya,\r\npolitik, agama, dan masyarakat. Di luar faktor internal dan faktor eksternal, ada\r\npula faktor khusus yang mempengaruhi terjadinya perbedaan praktik sholat\r\njenazah dikalangan Nahdliyin: (1) NU sebagai Organisasi yang melingkupi Ritual\r\nKeagamaan. Tidak memberi ketentuan khusus untuk masalah salat jenazah bagi\r\nperempuan. (2) Kiyai sebagai Pemimpin Kultural Masyarakat berperan sentral\r\ndalam terwujudnya praktik salat jenazah oleh perempuan.(3) Kondisi Adat dan\r\nMasyarakat yang Berbeda. Masyarakat Desa Kedungleper dan masyarakat Desa\r\nPanggungharjo adalah dua entitas masyarakat Nahdliyin namun memiliki tingkat\r\npemahaman agama dan gender yang berbeda. Atas dasar inilah kemudian\r\nkeduanya memiliki perbedaan praktik salat jenazah bagi perempuan.\r\nKata Kunci : Salat Jenazah, Farḍu Kifāyah, dan Nahdliyin"^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12360066"^^ . "ITSNAATUL LATHIFAH"^^ . "NIM. 12360066 ITSNAATUL LATHIFAH"^^ . . . . . . "PRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA) (Text)"^^ . . . . . "12360066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA) (Text)"^^ . . . . . "PRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA) (Other)"^^ . . . . . . "PRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA) (Other)"^^ . . . . . . "PRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA) (Other)"^^ . . . . . . "PRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA) (Other)"^^ . . . . . . "PRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22285 \n\nPRAKTIK SALAT JENAZAH BAGI PEREMPUAN DIKALANGAN NAHDLIYYIN (STUDI KASUS ATAS PRAKTIK SALAT JENAZAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAN DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA)\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .