TY - THES N1 - Pembimbing : Nur Hadi, M. Ag ID - digilib2229 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2229/ A1 - NUR JANNAH NIM: 04420871, Y1 - 2009/05/19/ N2 - ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kemampuan qiraââ?¬â?¢ah siswa kelompok eksperimen (kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi team games tournament) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi team games tournament). Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan qiraââ?¬â?¢ah siswa kelas VIII di MTs LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 79 siswa, yang terdiri atas dua kelas yaitu, kelas VIII A sebagai kelompok kontrol sejumlah 40 siswa, dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen sejumlah 39 siswa. Adapun tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji validitas yang dipakai adalah uji validitas rumus korelasi product moment karl pearson sedangkan untuk uji reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha, persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus kai kuadrat, sedangkan uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan rumus analisis varians. Analisis untuk pengujian hipotesis yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan rumus uji ââ?¬Å?tââ?¬Â. Berdasarkan hasil analisis uji ââ?¬Å?tââ?¬Â disimpulkan bahwa ââ?¬Å?Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan qiraââ?¬â?¢ah antara siswa kelompok eksperimen (kelompok yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi team games tournament) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan strategi team games tournament)ââ?¬Â. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata post test untuk kelompok eksperimen sebesar 84.667, sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata post test sebesar 70.525. Dari rata-rata peningkatan kemampuan qiraââ?¬â?¢ah tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi, yakni sebesar 21.744 sedangkan untuk kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata peningkatan sebesar 9.250. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa strategi team games tournament dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar qiraââ?¬â?¢ah, dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih strategi pembelajaran qiraââ?¬â?¢ah. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Strategi KW - Team Games Tournament KW - Pembelajaran KW - Qira'ah M1 - skripsi TI - PENERAPAN STRATEGI TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN QIRAââ?¬â?¢AH (Study Eksperiment di MTs.Lab.Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) AV - none ER -