%A NIM. 12220036 DIMAS CATUR HARIYADHI %O Dr. Irsyadunnas, M.Ag. %T PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA BK DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dalam bidang media BK, dan semakin maraknya penggunaan smartphone di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan proses pelaksanaan penggunaan smartphone sebagai media BK dalam mengatasi masalah belajar siswa di SMA N 8 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 1 guru BK yang menggunakan smartphone untuk media BK, dan 6 orang siswa yang menggunakan smartphone untuk menerima layanan bimbingan dan konseling. Objek penelitian ini adalah proses penggunaan smartphone sebagai media BK dalam mengatasi masalah belajar siswa SMA N 8 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskripstif kualitatif dengan cara menginterprestasikan data-data yang diperoleh, dengan triangulasi teknik untuk mendapatkan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Masalah belajar yang dihadapi siswa SMA N 8 Yogyakarta beragam diantaranya adalah a) masalah pengajaran atau belajar, b) masalah pekerjaan atau karir, c) masalah pendidikan, d) masalah sosial atau lingkungan. 2) proses penggunaan smartphone sebagai media BK dalam mengatasi masalah belajar siswa SMA N 8 Yogyakarta dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari tahap a) persiapan terdiri dari pemilihan media pembelajaran dan sosialisasi, b) pelaksanaan terdiri dari identifikasi masalah, menanggapi dan menjawab pertanyaan siswa, memberikan solusi terhadap masalah siswa, c) serta evaluasi baik proses maupun hasil. 3) cara guru BK mengatasi masalah belajar melalui smartphone meliputi : a) pengenalan siswa yang mengalami masalah belajar, b) upaya membantu siswa yang mengalami masalah belajar terdiri dari pemberian peningkatan motivasi belajar dan pengembangan sikap dan kebiasaan yang baik. Implementasi metode tidak langsung dalam pelaksanaannya tersebut, mempermudah komunikasi antar siswa dengan guru BK khususnya siswa yang memiliki sifat introvet untuk lebih terbuka mengungkapkan masalahnya, mampu meningkatkan minat siswa untuk berkonsultasi dengan guru BK melalui smartphone, mampu membantu menyelesaikan permasalahan belajar yang dikonsultasikan siswa. %K Penggunaan Smartphone, Media BK, Masalah Belajar. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib22296