eprintid: 22315 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/23/15 datestamp: 2016-10-07 02:01:15 lastmod: 2016-10-07 02:01:15 status_changed: 2016-10-07 02:01:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MOH ALI YAFIK, NIM. 11220105 title: LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMK NU KESESI PEKALONGAN ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Konseling Individu, mengatasi kenakalan. note: Drs. H. Abdullah, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMK NU Kesesi yang ditangani melalui konseling individu dan tahap pelaksanaan layanan konseling individu sebagai upaya penanganan kenakalan siswa di SMK NU Kesesi Pekalongan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru BK yang menangani kelas X dan siswa yang pernah diberikan layanan koseling individu dikarenakan sering melakukan pelanggaran tatatertib disekolah SMK NU Kesesi Pekalongan. Objek dalam penelitian ini adalah proses layanan konseling individu dalam mengatasi kenakalan siswa di SMK NU Kesesi Pekalongan berupa membolos, merokok, perkelahian antar siswa dan alpha. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman dengan cara menginterpretasikan data-data yang diperoleh dengan triangulasi guna mendapatkan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMK NU Kesesi Pekalongan yang di tangani dengan layanan konseling individu yaitu bentuk kenakalan yang dilakukan oleh siswa yang bersifat amoral dan asosial yang penyelesainya tidak dapat diatur dengan Undang-undang Negara yaitu (1) bolos sekolah, (2) perkelahian antar siswa, (3) merokok dan (4) alpha (tidak masuk sekolah tanpa keterangan). Upaya pelaksanaan layanan konseling individu di SMK NU Kesesi Pekalongan yaitu (1) tahap perencanaan, melalui identifikasi masalah siswa, menentukan waktu pelaksanaan, menyiapkan tempat dan perangkat teknis penyelenggaraan layanan, menetapkan fasilitas layanan, dan menyiapkan kelengkapan administrasi (2) pelaksanaan, hal yang dilakukan guru BK pada tahap pelaksanaan yaitu membahas masalah klien, pengentasan masalah klien, memantapkan klien dalam pengentasan masalah (3) evaluasi (4) laporan, serta (5) memantau perkembangan siswa atau tindak lanjut. date: 2016-08-30 date_type: published pages: 118 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MOH ALI YAFIK, NIM. 11220105 (2016) LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMK NU KESESI PEKALONGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22315/1/11220105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22315/2/11220105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf