TY - THES N1 - Slamet S.Ag., M.Si., ID - digilib22316 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22316/ A1 - YUNI WIRAGIL PROBO SANTOSO, NIM. 11220115 Y1 - 2016/06/28/ N2 - Dalam ruang lingkup pendidikan, konseling sangat berpengaruh dalam mengembangkan mutu pendidikan terutama pada sekolah terkait, peran konseling yaitu membantu siswa yang mengalami problematika baik dalam hal prestasi belajar, sosial, maupun perilaku. Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati yang menunjukkan banyaknya siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Salah satu program konseling di SMP Muhammadiyah 2 Mlati yang sudah berjalan yaitu konseling individu dengan pendekatan behavior. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling behavior untuk meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi rendah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan yang kemudian akan dirangkum, diuraikan dalam bentuk narasi, kemudian ditarik suatu kesimpulan. Untuk keabsahan data, menggunakan teknik triangulasi serta mengkombinasikan dengan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tahap-tahap konseling behavior dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi rendah yang dilakukan guru BK SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman Yogyakarta adalah : a). Assesment, b). Goal setting, c). Teknique implementation, d). Evaluasi dan pengahira, kemudian e). Tindak lanjut. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Konseling Behavior KW - Motivasi Belajar KW - Siswa Berprestasi Rendah. M1 - skripsi TI - KONSELING BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 113 ER -