TY - THES N1 - Drs. Abror Sodik, M.Si. ID - digilib22333 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22333/ A1 - NURI WIDYANINGRUM, NIM. 12220046 Y1 - 2016/09/01/ N2 - Latar belakang penyusunan penelitian ini adalah banyak siswa yang mengalami masalah sosial baik itu dengan orang tua, teman sebaya maupun guru. Maka untuk mengetaskan masalah penyesuain sosial siswa berupa layanan konseling individu guna membantu penyesuaian sosial siswa melewati kesulitankesulitan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap pemberian bantuan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam komunikasi penyesuain diri siswa kelas VII dan VIII Tahun Ajaran 2015/2016 MTs Ummul Qura Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di MTs Ummul Qura Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII, dan guru Bimbingan dan Konseling. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat tahap-tahap pemberian bantuan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam komunikasi penyesuain sosial siswa kelas VII dan VIII Tahun Ajaran 2015/2016 MTs Ummul Qura Sleman Yogyakarta.sebagai berikut: Analisi, Sintesis, Diagnosis, Prognosis, Konseling, dan Follow up. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Layanan Konseling Individu dan Penyesuaian Sosial M1 - skripsi TI - LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM PENYESUAIAN SOSIAL SISWA MTS UMMUL QURA SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 111 ER -