%0 Thesis %9 Skripsi %A ASIF MAFTUHIN, NIM. 11600002 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2016 %F digilib:22336 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Efektivitas, TTW, CIRC, PMRI, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar Siswa. %P 295 %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN CIRC BERBANTUAN LKS BERBASIS PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22336/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI, model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) efektivitas model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI, model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran TTW dan CIRC serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 10 Yogyakarta sedangkan penelitiannya adalah Kelas VIII A, Kelas VIII B, dan Kelas VIII C. Instrumen penelitian berupa pretest-postest dan pra angket-pos angket sedangkan instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis PMRI. Teknik analisis data tes menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji One Way Anova yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Untuk teknik analisis data angket menggunakan uji Analisis Kovarian. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (3) Model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI lebih efektif dibanding model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (4) model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa (5) model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa (6) model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif dibanding model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Efektivitas, TTW, CIRC, PMRI, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar Siswa. %Z Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.