@phdthesis{digilib22340, month = {May}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DIPADUKAN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 11600014 Rizka Khoerun Nisa}, year = {2016}, note = {1. Mulin Nu?man, M.Pd 2. Nurul Arfinanti, M. Pd}, keywords = {Learning Cycle 7E, Number Heads Together, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Relasional}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22340/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan (2) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman relasional siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis dan pemahaman relasional siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah soal pretest dan soal posttest. Instrumen yang digunakan disusun berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis dan pemahaman relasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t independent sample t test terhadap nilai gain hasil tes, yaitu nilai posttest dikurangi nilai pretest dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman relasional siswa. Kata Kunci : Learning Cycle 7E, Number Heads Together, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Relasional} }