TY - THES N1 - Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si. ID - digilib22343 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22343/ A1 - Silvi Erawati Sintia, NIM : 11600029 Y1 - 2016/06/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TSTS dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (2) Efektivitas pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TSTS dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika siswa. (3) Efektivitas pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (4) Efektivitas pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika siswa. (5) Efektivitas pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TSTS dibandingkan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (6) Efektivitas pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TSTS dibandingkan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS terhadap keaktifan belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran TSTS dan TPS serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika dan keaktifan belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Banguntapan, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran TSTS, kelas VIIB sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran TPS, dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan statistika inferensial, yaitu uji Anova satu jalur dan uji Kruskall Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran TSTS lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah. (2) Model pembelajaran TSTS tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika siswa. (3) Model pembelajaran TPS lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah. (4) Model pembelajaran TPS tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika siswa. (5) Model pembelajaran TSTS lebih efektif dibandingkan model pembelajaran TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah. (6) Model pembelajaran TSTS tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran TPS terhadap keaktifan belajar matematika siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran TSTS, Model Pembelajaran TPS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Keaktifan Belajar Matematika Siswa PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Efektivitas KW - Model Pembelajaran TSTS KW - Model Pembelajaran TPS KW - Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika KW - Keaktifan Belajar Matematika Siswa M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DAN TPS BERBANTU LKS BERBASIS PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA AV - restricted EP - 354 ER -