%A NIM. 11600035 MUHAMMAD MAULANA %O Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si. %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan LKS berbasis PMRI daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa; 2) keefektifan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan LKS berbasis PMRI daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa; 3) keefektifan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan LKS berbasis PMRI daripada pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan LKS berbasis PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa; Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Dua variabel bebas dalam penelitian ini berupa model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan TGT. Dua variabel terikat dalam penelitian ini berupa kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 9 Yogyakarta yang berjumlah 205 siswa. sedangkan sampel adalah kelas VII A, VII B, dan VII C. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah instrument soal tes kemampuan pemecahan masalah dan angket minat belajar siswa, yang kemudian dianalisis menggunakan One Way Anova dan Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan LKS berbasis PMRI lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa; 2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan LKS berbasis PMRI lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa; 3) model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan LKS berbasis PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa; Kata Kunci: efektivitas, Team Assisted Individualization, Teams Games Tournament, PMRI, kemampuan pemecahan masalah, minat belajar %K efektivitas, Team Assisted Individualization, Teams Games Tournament, PMRI, kemampuan pemecahan masalah, minat belajar %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib22347