TY - THES N1 - Mulin Nu?man, M.Pd. ID - digilib22349 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22349/ A1 - Dwi Agustina, NIM. 11600049 Y1 - 2016/06/29/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PMRI dipadukan dengan metode NHT terhadap pemahaman relasional siswa. Materi pada penelitian ini difokuskan pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu pendekatan PMRI yang dipadukan dengan metode NHT, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman relasional siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa pretest dan posttest. Instrumen soal yang digunakan disusun berdasarkan indikator pemahaman relasional. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji nonparametrik Mannwhitney terhadap nilai gain hasil tes pemahaman relasional dengan bantuan SPSS 16. Hasil uji Mann-whitney untuk data gain kemampuan pemahaman relasional dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMRI yang dipadukan dengan metode NHT lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman relasional siswa. Kata Kunci : Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Numbered Heads Together, Pemahaman Relasional PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Pendidikan Matematika Realistik Indonesia KW - Numbered Heads Together KW - Pemahaman Relasional M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DIPADUKAN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA AV - restricted EP - 319 ER -