eprintid: 22380 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/23/80 datestamp: 2016-12-01 02:17:22 lastmod: 2016-12-01 02:17:22 status_changed: 2016-12-01 02:17:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RAHMAWATI ATIKA ANDRIANI, NIM. 12600017 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEMPURAN PADA MATERI SEGITIGA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted note: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas berpikir siswa, dan (2) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map serta variabel terikat yaitu kreativitas berpikir dan minat belajar siswa. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempuran sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII F dan VII G. Instrumen penelitian ini berupa soal pretest-posttest, preangket-postangket, lembar observasi, serta instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan setting model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map. Teknik analisis data pretest-posttest menggunakan statistik parametrik uji t, sedangkan analisis data preangket- postangket menggunakan uji ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas berpikir siswa, dan (2) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Treffinger, Mind Map, Kreativitas Berpikir, Minat Belajar Siswa. date: 2016-07-11 date_type: published pages: 344 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RAHMAWATI ATIKA ANDRIANI, NIM. 12600017 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEMPURAN PADA MATERI SEGITIGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22380/9/12600017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22380/2/12600017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf