@phdthesis{digilib22381, month = {July}, title = {PENGEMBANGAN BIO-BOOKLET FILUM ECHINODERMATA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X SMA/MA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11680043 HIDYA INDASARI}, year = {2016}, note = {Sulistiyawati, M.Si dan Ibu Najda Rifqiyati, M.Si}, keywords = {Pengembangan, Bio-Booklet, Echinodermata, Sumber Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22381/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Bio-Booklet filum Echinodermata dan mengetahui kelayakan Bio-Booklet filum Echinodermata sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang diujicobakan secara terbatas terhadap produk Bio-Booklet filum Echinodermata tanpa melalui tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Penilaian dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 18 respon siswa kelas X yang dilakukan di MAN Karanganom Klaten. Analisis data menggunakan analisis kualitatif untuk mengetahui kualitas Bio-Booklet filum Echinodermata. Hasil penilaian yang diperoleh dari 1 ahli materi 89,33\% (Sangat Baik), 1 ahli media 94\% (Sangat Baik), 3 peer reviewer 84,33\% (Sangat Baik), 1 guru biologi 72\% (Baik), dan respon siswa 81,70\% (Sangat Setuju). Disimpulkan bahwa Bio-Booklet filum Echinodermata Sangat Setuju dikembangkan dan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa kelas X SMA/MA, yang memiki kategori Baik?Sangat Baik (Syaharuddin et al., 2015) .} }