%A NIM. 11680043 HIDYA INDASARI %O Sulistiyawati, M.Si dan Ibu Najda Rifqiyati, M.Si %T PENGEMBANGAN BIO-BOOKLET FILUM ECHINODERMATA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X SMA/MA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Bio-Booklet filum Echinodermata dan mengetahui kelayakan Bio-Booklet filum Echinodermata sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang diujicobakan secara terbatas terhadap produk Bio-Booklet filum Echinodermata tanpa melalui tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Penilaian dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 18 respon siswa kelas X yang dilakukan di MAN Karanganom Klaten. Analisis data menggunakan analisis kualitatif untuk mengetahui kualitas Bio-Booklet filum Echinodermata. Hasil penilaian yang diperoleh dari 1 ahli materi 89,33% (Sangat Baik), 1 ahli media 94% (Sangat Baik), 3 peer reviewer 84,33% (Sangat Baik), 1 guru biologi 72% (Baik), dan respon siswa 81,70% (Sangat Setuju). Disimpulkan bahwa Bio-Booklet filum Echinodermata Sangat Setuju dikembangkan dan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa kelas X SMA/MA, yang memiki kategori Baik−Sangat Baik (Syaharuddin et al., 2015) . %K Pengembangan, Bio-Booklet, Echinodermata, Sumber Belajar %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib22381