TY - THES N1 - Runtut Prih Utami, M.Pd ID - digilib22382 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22382/ A1 - ALIF KHOIRUR ROHMAN, NIM. 12680010 Y1 - 2016/09/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas: 1) model problem based learning disertai mind mapping terhadap kemandirian belajar biologi siswa, 2) model problem based learning disertai mind mapping terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa. Penelitian ini termasuk penelitian true experimental design dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas atau sampel jenuh karena semua anggota populasi dijadikan sampel. Pengambilain sampel dengan teknik simple random sampling dimana kelas XA sebagai kelas eksperimen PBL, kelas XB sebagai kelas kontrol DI.Teknik pengumpulan data dalam penelititan ini menggunakan angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney U test untuk mengukur kemandirian belajar siswa dan uji Independent sampel T-test untuk hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa 1) model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping tidak efektif terhadap kemandirian belajar siswa, dengan hasil pengujian memperoleh nilai sig lebih besar atau sama dengan 0,05 (p = 0,05 0,05), 2) model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping efektif terhadap hasil belajar siswa, dengan hasil pengujian gain score memperoleh nilai sig sebesar 0,033 lebih kecil dari 0,05 (p = 0,033 0,05) PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Problem Based Learning (PBL) KW - Mind Mapping KW - Kemandirian belajar dan hasil belajar M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR BIOLOGI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA AV - public EP - 184 ER -