eprintid: 22386 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/23/86 datestamp: 2016-10-11 02:23:52 lastmod: 2016-10-11 02:23:52 status_changed: 2016-10-11 02:23:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: VITA INDRI FEBRIANI, NIM. 12680016 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN 5 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Problem Based Learning (PBL), Search Solve Create and Share (SSCS), kreativitas dan hasil belajar. note: Eka Sulistyowati, M.A., M.IWM abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap kreativitas siswa, 2) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling. Diambil kelas XF sebagai kelas eksperimen PBL, kelas XG sebagai kelas kontrol dan kelas XH sebagai kelas eksperimen SSCS. Analisis data menggunakan uji Analysis of Variance untuk hasil belajar biologi dan kreativitas siswa. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search Solve Create and Share (SSCS) tidak berpengaruh signifikan terhadap kreativitas siswa, dengan hasil pengujian memperoleh nilai statistik uji Analysis of Variance dengan sig sebesar 0,883 ( > 0,05). 2) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search Solve Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan hasil pengujian memperoleh nilai statistik uji Analysis of Variance dengan sig sebesar 0,002 ( < 0,05) sehingga dilakukan uji Pos Hoc Test (uji Tukey), didapatkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, sedangkan model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tidak memiliki perbedaan yang signifikan terhadap model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS). date: 2016-08-11 date_type: published pages: 192 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: VITA INDRI FEBRIANI, NIM. 12680016 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22386/1/12680016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22386/2/12680016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf