eprintid: 22448 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/24/48 datestamp: 2016-10-14 01:49:34 lastmod: 2016-10-14 06:19:50 status_changed: 2016-10-14 01:49:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: INDAH QONNAAH, NIM. 12690033 title: EFEKTIVITAS PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN METAKOGNITIF SISWA MTS N YOGYAKARTA 2 KELAS VIII PUTRI POKOK BAHASAN CAHAYA DAN ALAT OPTIK ispublished: pub subjects: F divisions: jur_tinf full_text_status: restricted keywords: reciprocal teaching, hasil belajar, metakognitif, cahaya dan alat optik. note: Winarti, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: 1) Perbedaan hasil belajar antara pendekatan reciprocal teaching dan pendekatan ekpositori, 2) Perbedaan metakognitif antara pendekatan reciprocal teaching dan pendekatan ekpositori 3) Efektivitas pendekatan reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa, 4) Efektivitas pendekatan reciprocal teaching untuk peningkatan metakognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pendekatan reciprocal teaching serta variabel terikat berupa hasil belajar dan metakognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII Putri MTs N Yogyakarta 2 Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen pengambilan data adalah soal pretest-posttest dan angket Metakognitive Awereness Inventory (MAI). Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik (uji t) untuk data test, statistik non-parametrik (uji U) untuk data angket serta normalized gain (n-gain) untuk mengatahui peningkatan keduanya Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara pendekatan reciprocal teaching dan pendekatan ekspositori (sign. (2-tailed) data pretest 0,433, sign. (2-tailed) data posttest 0,005). 2) Terdapat perbedaan metakognitif antara pendekatan reciprocal teaching dan pendekatan ekspositori (Asymp.sign. (2-tailed) data before 0,969, Asymp.sign. (2-tailed) data after 0,035). 3) Pendekatan reciprocal teaching efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada pokok bahasan cahaya dan alat optik (n-gain kelas eksperimen 0,55 dan n-gain kelas kontrol 0,45 dengan effect size 0,74). 4) Pendekatan reciprocal teaching efektif terhadap metakognitif siswa pada pokok bahasan cahaya dan alat optik (n-gain kelas eksperimen 0,16 dan n-gain kelas kontrol 0,03 dengan effect size 0,506). date: 2016-08-31 date_type: published pages: 277 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: INDAH QONNAAH, NIM. 12690033 (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN METAKOGNITIF SISWA MTS N YOGYAKARTA 2 KELAS VIII PUTRI POKOK BAHASAN CAHAYA DAN ALAT OPTIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22448/1/12690033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22448/3/12690033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf