eprintid: 22449 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/24/49 datestamp: 2016-10-14 01:56:02 lastmod: 2016-10-14 01:56:02 status_changed: 2016-10-14 01:56:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MEGA PUSPITANINGSIH, NIM. 12690035 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 14 YOGYAKARTA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN TEKANAN ispublished: unpub subjects: F full_text_status: restricted keywords: STAD, make a match, minat, hasil belajar, tekanan note: Ika Kartika, M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan minat belajar fisika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan metode make a match dan siswa yang mengikuti model pembelajaran direct instruction. (2) Perbedaan hasil belajar kognitif fisika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan metode make a match dan siswa yang mengikuti model pembelajaran direct instruction. (3) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode make a match terhadap minat dan hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu model kooperatif tipe STAD dengan metode make a match serta variabel terikat yaitu minat dan hasil belajar kognitif fisika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah soal pretestposttest hasil belajar kognitif dan angket minat belajar fisika. Teknik analisa data digunakan statistik parametrik uji t independent serta normalize gain (N-gain). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan minat belajar fisika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan metode make a match dan siswa yang mengikuti model pembelajaran direct instruction dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,01. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan metode make a match dan siswa yang mengikuti model pembelajaran direct instruction dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,01. (3) Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode make a match efektif terhadap minat belajar fisika (n-gain kelas eksperimen 0,21 n-gain kelas kontrol 0,10) dan hasil belajar fisika siswa (n-gain kelas eksperimen 0,66 ngain kelas kontrol 0,56) pada pokok bahasan tekanan date: 2016-08-30 date_type: published pages: 324 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MEGA PUSPITANINGSIH, NIM. 12690035 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 14 YOGYAKARTA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN TEKANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22449/1/12690035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22449/2/12690035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf