TY - THES N1 - Sidiq Premono, M. Pd, ID - digilib22451 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22451/ A1 - SITI NURYANI, NIM. 12670040 Y1 - 2016/07/22/ N2 - Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student cetered) dapat mengembangkan potensi sikap ilmiah dan kemampuan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran MURDER terhadap sikap ilmiah peserta didik. 2) Ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran MURDER terhadap kemampuan analisis peserta didik. 3) Efektivitas penggunaan strategi belajar MURDER terhadap sikap ilmiah peserta didik. 4) Efektivitas penggunaan strategi pembelajaran MURDER terhadap kemampuan analisis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest group design. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Temon Kelas XI IPA semester 2 tahun ajaran 2015/2016 pada materi pokok larutan penyangga. Populasi pada penelitian ini adalah semua kelas XI IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh Dimana semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi pemberian pretest untuk mengetahui penguasaan awal peserta didik, pemberian posttest untuk mengetahui penguasaan akhir siswa, dan angket sikap ilmiah untuk mengetahui sikap ilmiah peserta didik setelah penggunaan strategi belajar MURDER. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t untuk menguji ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran MURDER terhadap sikap ilmiah peserta didik, uji Man Whitney untuk menguji ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran MURDER terhadap kemampuan analisis peserta didik, dan pengujian effect size untuk mengujiefektivitas penggunaan strategi belajar MURDER terhadap sikap ilmiah dan kemampuan analisis peserta didik Hasil penelitian menunjukkan 1) Tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi belajar MURDER terhadap sikap ilmiah peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig (2-tailed)0,05 yaitu 0,193. 2) Ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi belajar MURDER terhadap kemampuan analisis peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t= -16,933 -t0,05;29= - 1,669. 3) Strategi pembelajaran MURDER tidak efektif dalam meningkatkan sikap ilmiah peserta didik dengan nilai effect size (d)= 0,0461. 4) strategi pembelajaran MURDER efektif dalam meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dengan nilai effect Size (d) = 0,0746. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi Belajar MURDER KW - efektivitas KW - sikap ilmiah KW - dan kemampuan analisis M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, AND REVIEW) TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted EP - 161 ER -