%0 Thesis %9 Skripsi %A SAMROTUL ILMI, NIM. 12670041 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2016 %F digilib:22452 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K efektivitas, model pembelajaran quantum learning, motivasi belajar, hasil belajar %P 228 %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22452/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Learning terhadap motivasi dan hasil belajar kimia siswa. Selain itu, untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Quantum Learning terhadap motivasi dan hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini adalah jenis eksperimen semu, desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MIA MAN Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi yaitu kelas MIA 1 (kelas eksperimen) dan kelas MIA 2 (kelas kontrol). Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Learning, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara ujian, skala Likert dan observasi motivasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dan analisis deskripsi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan dar i penerapan model pembelajaran Quantum Learning terhadap motivasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig (2-tailed) dari uji t 0,05 yaitu sebesar 0,040 pada hasil skala likert dan 0,044 pada hasil observasi motivasi. (2) ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig (2-tailed) dari uji t 0,05 yaitu sebesar 0,023. (3) penerapan model pembelajaran Quantum Learning tidak efektif terhadap motivasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan motivasi belajar siswa mencapai 56,76% dari yang diharapkan, artinya 56,76% 75% dari yang diharapkan. (4) penerapan model pembelajaran Quantum Learning efektif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa mencapai 99,84% dari yang diharapkan, artinya 99,84% 75% dari yang diharapkan. Hasil yang diharapkan sebesar 100%. %Z Karmanto, M.Sc.,