TY - THES N1 - Dr. Eva Latipah, M. Si ID - digilib22473 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22473/ A1 - IRMAYANTI ZULAIKAH, NIM. 09410274 Y1 - 2016/07/19/ N2 - IRMA YANTI ZULAIKAH. Upaya Sekolah dalam Mengatasi Problem Pembelajaran PAI pada Siswa di SMP Terbuka 3 Tempel Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa sesama anak bangsa, mereka memiliki hak yang sama dengan anak- anak lain yang lebih beruntung dalam memperoleh pendidikan. Dalam wilayah negara Indonesia yang luas dengan karakteristik geografis dan demografis yang begitu beragam, sangat sulit memberikan layanan pendidikan yang dapat menjangkau seluruh masyarakat terutama anak-anak yang memiliki berbagai kendala ekonomi, geografis dan waktu. SMP Terbuka 3 Tempel Sleman merupakan sekolah sub formal yang menyelanggarakan pendidikan terbuka untuk anak-anak yang memiliki keterbatasan baik dari segi ekonami, geografis, maupun waktu. Agar mereka dapat memperoleh kesempatan belajar yang sama seperti siswa lainnya. Siswa di sana kebanyakan berasal dari anak- anak yang mengalami putus sekolah dan berkeinginan untuk bisa melanjutkan sekolah kembali. Proses pembelajaran dilaksanakan seusai sekolah regular selesai, yaitu pada pukul 13.00 sampai dengan pukul 16.00. Waktu belajar mereka lebih sempit dibanding dengan SMP regular.. Pelaksanaan pembelajaran terkadang mengalami beberapa problem. Diantarannya, latar belakang murid yang bermacam-macam, murid sebagian besar berasal dari keluarga yang kurang mampu, anak yang memliki kecerdasan kurang, dan beberapa murid yang nakal (sering membolos). Hasil penelitian ini diharapkan pihak sekolah agar dapat memiliki informasi tentang kesulitan- kesulitan belajar dan permasalahan belajar yang bersumber dari siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Terbuka. Dan upaya yang dilakukan dari sekolah dalam mengatasi problem pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Terbuka 3 Tempel Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan Uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber, yakni untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) Problem yang bersumber dari siswa yang mempengaruhi proses pembelajaran PAI adalah antara lain; -) Rendahnya input masuk siswa, -)tingkat intelegensi yang dimiliki siswa tergolong rendah, -)tingkat sosio ekonomi keluarga, - )motivasi belajar siswa yang rendah, dan -) dukungan keluarga yang kurang. 2) Usaha- usaha yang dilakukan sekolah untuk mengatasi problem yang terjadi, antara lain: -) guru berusaha untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan bervariasi agar siswa termotivasi mengikuti pembelajaran. ?) dari pihak sekolah dengan memberikan fasilitas pembelajaran yang memadai, seperti penyediaan buku. ?) selain di bidang akademik, dengan dengan memberikan bekal pendidikan kreativitas yang di tujukan untuk memberikan skill berupa ketrampilan dalam membuat kerajinan tangan yang bernilai jual. 3) Kendala yang dihadapi sekolah dalam mengatasi problem pembelajaran, antara lain: -) faktor sumber daya manusia, - ) kurangnya buku paket pegangan siswa terbuka, dan -) waktu pembelajaran yang lebih sempit. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA M1 - skripsi TI - UPAYA SEKOLAH DALAM MENGATASI PROBLEM PEMBELAJARAN PAI DI SMP TERBUKA 3 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -