<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO)"^^ . "IRFAN WAHYU ADI PRADANA. Konsep Pendidikan Profetik di Era\r\nGlobalisasi dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Skripsi.\r\nYogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan\r\nKeguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016.\r\nPendidikan Islam bukan sekedar proses penanaman nilai-nilai moral untuk\r\nmembentengi diri dari ekses negatif globalisasi dan juga bukan hanya sekedar\r\nstrategi definitif yang hanya ingin menyelamatkan pikiran-pikiran umat islam dari\r\npencemaran dan kerusakan moral serta perilaku yang ditimbulkan oleh dampak\r\ngagasan Barat melalui disiplin ilmu-ilmu modern, terutama gagasan-gagasan yang\r\ndianggap mengancam akan meledakan standar-standar moralitas Islam. Tetapi\r\nyang paling urgen adalah bagaimana nilai-nilai moral yang telah ditanamkan\r\ndalam pendidikan Islam tersebut mampu berperan sebagai kekuatan pembebasan\r\ndari himpitan kemiskinan kebodohan dan keterbelakangan sosial budaya dan\r\nekonomi. Bertolak pada hal itu, gagasan pendidikan berparadigma profetik sangat\r\nlayak untuk ditawarkan sebagai salah satu solusi pendidikan Islam di masa\r\nsekaran dan yang akan datang.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research).\r\nPengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi. Analisis data\r\ndilakukan dengan metode deskriptif-analitik yaitu menginterpretasikan data yang\r\ntelah diperoleh ke dalam bentuk kalimat-kalimat dan melacak lebih jauh hal-hal\r\nyang melatarbelakangi dan mengitari fenomena tersebut. Adapun aktivitas analisis\r\nwacana mengikuti proses pengumpulan data, penyusunan dan penjelasan atas data\r\ndan setelah itu dilakukan analisis.\r\nHasil penelitian meliputi: (1) Konsep pendidikan profetik harus mempunyai\r\nperhatian utama. Perhatian utama itu ialah emansipasi umat yang konkret dan\r\nhistoris, dengan menyangkutkannya pada problem-problem aktual yang dihadapi\r\numat. Problem sekarang ialah bagaimana mengantarkan umat dalam transformasi\r\nmenuju masyarakat industrial, masyarakat demokratis, dan budaya yang\r\nmanusiawi. Maka dari itu Kuntowijoyo mengelompokkan tiga program yang\r\ndapat dikerjakan, yaitu : teorisasi, strukturasi dan transfomasi (2) Relevansi\r\npendidikan profetik terhadap pendidikan agama Islam adalah humanisasi,\r\nliberasi,m transendensi yang menjadikan transformasi pendidikan Islam. Masingmasing\r\nmempunyai peran yaitu nilai humanisasi dijadikan tujuan pendidikan,\r\nyaitu untuk memanusiakan manusia. Liberasi dijadikan tujuan, yaitu proses\r\npembebasan manusia sebagai makhluk yang berpotensi. Sedangkan nilai\r\ntransendensi dijadikan tujuan pendidikan yaitu, sebagai tujuan akhir pendidikan\r\nIslam (membentuk manusia yang beriman dan bertakwa). Berdasarkan 3 pilar\r\ntersebut dapat diaplikasikan pada komponen pembelajaran yang meliputi,\r\npendidik, peserta didik,tujuan pendidikan, materi, metode, media, dan evaluasi."^^ . "2016-07-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10410147"^^ . "IRFAN WAHYU ADI PRADANA"^^ . "NIM. 10410147 IRFAN WAHYU ADI PRADANA"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) (Text)"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) (Text)"^^ . . . "10410147_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #22478 \n\nKONSEP PENDIDIKAN PROFETIK DI ERA GLOBALISASI DAN \nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \n(TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .