<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL)"^^ . "KHOLIFATUR RAHMAN. Implikasi Model Problem Based Learning\r\n(PBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Kemampuan\r\nBerpikir Kritis Siswa (Studi kasus di SMK N 1 Saptosari, Gunung kidul). Skripsi.\r\nYogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan\r\nKeguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016.\r\nLatar belakang masalah penelitian ini adalah ada beberapa cara yang dapat\r\ndilakukan sebagai usaha perbaikan terhadap berbagai permasalahan pembelajaran\r\nPAI. Salah satu yang dapat dilakukan guru sebagai fasilitator adalah memilih\r\nmodel pembelajaran yang tepat. Beragam model pembelajaran telah banyak\r\ndigunakan, namun penggunaan model pembelajaran yang mengaitkan materi\r\ndengan realitas yang terjadi di lingkungan sekitar dan mampu mengembangkan\r\nkemampuan siswa untuk dapat berpikir kritis dalam menghadapi masalah-masalah\r\nyang ada sekarang masih sedikit untuk digunakan. Salah satu model pembelajaran\r\nyang memungkinkan dikembangkannya keterampilan berpikir siswa dalam\r\nmemecahkan masalah adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian\r\nini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Agama\r\nIslam dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)\r\nserta implikasinya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian field risearch yang bersifat kualitatif,\r\ndengan mengambil latar SMK N 1 Saptosari. Pengumpulan data dilakukan dengan\r\nmengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan\r\ndengan metode deskriptif-kualitatif yaitu menginterpretasikan data yang telah\r\ndiperoleh ke dalam bentuk kalimat-kalimat. Pemeriksaan keabsahan data\r\ndilakukan dengan mengadakan Triangulasi.\r\nHasil penelitian menunjukan: (1) Secara operasional pembelajaran PAI\r\ndengan model PBL dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Pertemuan pertama\r\nguru memberikan materi-materi dasar tentang materi Fiqh perkawinan yang telah\r\ndipilih dan disiapkan oleh guru. Pada akhir pembelajaran pertama guru\r\nmemberikan tugas kepada siswa untuk mencari informasi tentang masalahmasalah\r\nnyata yang terjadi berkaitan dengan materi perkawinan. Pada pertemuan\r\nkedua guru meminta siswa untuk mendiskusikan dan mempresentasikan informasi\r\nyang telah dicari dengan cara debat aktif. (2) Penerapan model PBL dalam\r\npembelajaran PAI memberikan implikasi yang positif terhadap kemampuan\r\nberpikir kritis siswa yaitu: siswa mampu merumuskan masalah pembelajaran,\r\nsiswa mampu menganalisis permasalahan, siswa menggunakan bahasa yang jelas\r\ndan siswa mampu menarik kesimpulan pembelajaran. Implikasi yang positif ini\r\nakan menjadi bekal bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir\r\nkritisnya."^^ . "2016-07-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10410154"^^ . "KHOLIFATUR RAHMAN"^^ . "NIM. 10410154 KHOLIFATUR RAHMAN"^^ . . . . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL) (Text)"^^ . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL) (Text)"^^ . . . "10410154_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #22480 \n\nIMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) \nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA \n(STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .