TY - THES N1 - Munawwar Khalil.SS.M.Ag. ID - digilib22481 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22481/ A1 - NUR ISLICHAH, NIM. 12410016 Y1 - 2016/07/19/ N2 - Nur Islichah. 12410016." Pembelajaran Fiqih dengan menggunakan Metode Bah? ul Masail dalam mengembangkan berfikir kritis santri al-Ma?had Ali Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta". Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.2016.Latar belakang penelitian ini adalah, pembelajaran merupakan salah satu usaha dari manusia untuk mendapatkan sebuah pemahaman. Sedangkan pemahaman tersebut tidak bisa diperoleh begitu saja tanpa adanya proses yang efektif dan dinamis.oleh karena itu, belajar bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Salah satu pertanda bahwa seseorang tersebut telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri seseorang tersebut, yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode bah? ul masail dalam mengembangkan berfikir kritis santri di al-Ma?had Ali dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode bah? ul masail dalam mengembangkan berfikir kritis santri al-Ma?had Ali Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Keabsahan data menggunakan observasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode bah? ul masail di al-Ma?had Ali Pondok Pesantren Al- Munawwir Krapyak Yogyakarta berjalan dengan baik. Maka hal ini dilihat dari persiapan-persiapan yang dilakukan oleh Ustadz atau dosen yang mengampu pembelajaran fiqih tersebut,dengan menggunakan metode ini menuntut santri untuk mampu mengembangkan berfikir kritis dengan melalui berbagai tahapan yaitu merumuskan masalah,menganalisis masalah, mengumpulkan informasi, mengevaluasi asumsi dan informasi dan mengambil kesimpulan (2) faktor pendukung dan penghambat antara lain : adanya motivasi dari pengasuh, karena dengan bagaimanapun pengasuh sangat berperan penting dalam kelancaran pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode bah? ul masail. Adapun faktor penghambatnya minimnya tenaga pengajar seperti ustadz atau dosen yang membimbing santri dalam melaksanakan suatu kegiatan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Ppembelajaran Fiqih KW - Bah? ul Masail KW - Berfikir Kritis M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAH? UL MASAIL DALAM MENGEMBANGKAN BERFIKIR KRITIS SANTRI MA?HAD ALI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKRTA AV - restricted ER -