eprintid: 22486 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/24/86 datestamp: 2016-10-17 07:30:41 lastmod: 2016-10-17 07:30:41 status_changed: 2016-10-17 07:30:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MA’SUM BADOWI, NIM. 12410089 title: PENGARUH PEMBELAJARAN PAI DALAM MENGATASI MASALAH KEKERASAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran PAI dan Kekerasan Peserta Didik note: Dr.H. Suwadi, M.Ag., M.Pd. abstract: Ma’sum Badowi. Pengaruh Pembelajaran PAI dalam Mengatasi Masalah Kekerasan pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran PAI yang diajarkan selain sebagai mata pelajaran juga sebagai salah satu cara atau metode yang digunakan untuk mengatasi masalah kekerasan pada peserta didik . Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas, jenis kekerasan dan pengaruh pembelajaran PAI bisa mengatasi masalah kekerasan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran PAI dalm mengatasi masalah kekerasan, jenis kekerasn yang terjadi di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sleman dan seberapa besar pengaruh pembelajaran PAI di dalam mengatasi masalah kekerasan pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sleman tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sleman tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 95-100 siswa dengan jumlah sampel 32 siswa atau siswa satu kelas pada kelas VIIIC. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas, reliabilitas, normalitas, sampai menentukan besar pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Pembelajaran PAI dalam mengatasi masalah kekerasan pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016 menunjukkan data efektif karena berada pada angka 73.34 karena masuk kategori rentangan 73-89.(2) jumlah siswa kelas VIII yang berjumlah 95-100 siswa, bisa dipastikan 90% pernah melakukan tindakan kekerasan bahkan di tahun 2016 ini data yang masuk ke BK sedikitanya ada 5 siswa yang terlibat dalam bentuk kekerasan perkelahian, dari BK sendiri memberi sanksi dari mulai teguran, pembinaan sampai pemanggilan orang tua.(3) Berdasarkan analisis korelasi yang telah dilakukan dapat diketahui adanya hubungan positif antara Pembelajaran PAI dalam Mengatasi Masalah Kekerasan pada Peserta Didik. Hal ini dibuktikan dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,914, maka dinyatakan bahwa korelasinya kuat karena mendekati nilai 1. Berdasarkan analisis regresi yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif antara Pembelajaran PAI dalam Mengatasi Masalah Kekerasan pada Peserta Didik dipengaruhi oleh sebesar 83,5% sedangkan sisanya sebesar 16,5% dipengaruhi oleh faktor lain. date: 2016-07-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MA’SUM BADOWI, NIM. 12410089 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN PAI DALAM MENGATASI MASALAH KEKERASAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22486/2/12410089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22486/1/12410089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf