TY - THES N1 - Dr. Sabarudin, M.Si. ID - digilib22497 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22497/ A1 - PARISAKTIANA FATHONAH, NIM. 12410233 Y1 - 2016/07/19/ N2 - PARISAKTIANA FATHONAH. Implementasi Kegiatan Pendampingan Keagamaan Siswa Muslim di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep, proses pelaksanaan, dan implikasi kegiatan pendampingan keagamaan (mentoring) terhadap perilaku keagamaan siswa di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan mentoring agama Islam yang ada di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan pendampingan keagamaan siswa muslim di SMP Negeri 2 Yogyakarta merupakan kegiatan pendidikan dan pembinaan moral pelajar melalui pendekatan Islamic solution. Adapun bentuk pelaksanaannya dalam bentuk kelompok sebaya. Satu pekan dilaksanakan satu kali dengan kurun waktu 1,5 hingga 2 jam serta didampingi oleh pendamping yang telah berpengalaman. Sasaran program ini adalah siswa-siswi muslim kelas VII, VII, IX, dan CI SMP Negeri 2 Yogyakarta. (2) Pelaksanaan kegiatan mentoring meliputi perencanaan (planning) dimulai dengan pembuatan tujuan, visi, misi dan program kerja; pengelolaan (organizing), kegiatan mentoring reguler di SMP Negeri 2 Yogyakarta dilaksanakan atas kerja sama sekolah dengan Sketsa Mentoring Jogja; penggerakan (actuating) Siswa yang mengikuti kegiatan ini dibagi dalam beberapa kelompok dengan masing-masing didampingi oleh satu orang mentor. Satu kelompok terdiri dari 4-12 orang siswa. Pada tahun ajaran 2015/2016 terdapat 21 kelompok. Susunan kegiatan mentoring yang dilakukan diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan tilawah al quran, penyampaian materi, diskusi, berita aktual, dan penutup; dan pengendalian (controlling) Evaluasi dilakukan dengan bebarapa cara untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, antara lain dengan lembar amalan harian, kuesioner, dan wawancara.. (3) Kegiatan pendampingan keagamaan siswa (mentoring) memberikan implikasi terhadap perilaku keagamaan siswa, yaitu perilaku yang berkaitan dengan aqidah, fiqih, akhlak, quran-hadits, dan sejarah Islam. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendampingan Keagamaan KW - Mentoring KW - Perilaku Keagamaan M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI KEGIATAN PENDAMPINGAN KEAGAMAAN SISWA MUSLIM DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA AV - restricted ER -