eprintid: 22501 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/25/01 datestamp: 2016-11-01 05:27:29 lastmod: 2016-11-01 05:27:29 status_changed: 2016-11-01 05:27:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NOVITA DESTI ARISANDI GULTOM, NIM. 08420107 title: SUPERVISI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MTS MAARIF AL-MUNAWAROH TUMIJAJAR LAMPUNG) ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Supervisi Akademik, MTs Al-Munawaroh, Guru Bahasa Arab note: Dr. Imam Machali, M.Pd.I abstract: Novita Desti Arisandi, S.Pd.I: Supervisi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di MTs Maarif Al-Munawaroh Tumijajar Lampung. Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan supervisi akademik yang ada di MTs Al-Munawaroh sebagai salah satu upaya untuk mengadakan perbaikan-perbaikan khususnya dalam bidang pembelajaran, salah satunya pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan-tindakan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah dan pengawas madrasah sebagai supervisor dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan segala peristiwa yang terjadi di MTs Al-Munawaroh Tumijajar. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Pelaksanaan supervisi akademik atau pembelajaran di MTs Al-Munawaroh Tumijajar dilakukan oleh kepala madrasah maupun guru yang diberi wewenang sebagai supervisor. Program supervisi dilakukan setiap tahun dan disusun bersama oleh kepala madrasah dengan waka kurikulum. Teknik-teknik supervisi akademik atau pembelajaran di MTs Al-Munawaroh ini menggunakan teknik supervisi observasi kelas, percakapan individual dan workshop atau penataran-penataran. Pendekatan yang digunakan oleh kepala madrasah (supervisor) adalah pendekatan kolaboratif yaitu perpaduan antara pendekatan langsung dan pendekatan tidak langsung. Model supervisi yang digunakan dalam kegiatan supervisi pembelajaran adalah model supervisi klinis. Salah satu tujuan model ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan mengajar di dalam kelas. Kendala utama dari supervisi di MTs Al-Munawaroh ini tidak adanya pengawasan dari kemenag atau pengawas madrasah. 2) Pelaksanaan supervisi pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Munawaroh menggunakan teknik observasi kelas dan percakapan individual yang dilakukan langsung oleh kepala madrasah. Nilai dari hasil observasi pembelajaran kelas VIIA adalah 81 dan VIIIA dengan nilai 87. Dalam observasi pembelajaran bahasa Arab penilaian mencakup; kegiatan awal mengajar, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan kegiatan penutup pembelajaran. date: 2016-09-13 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NOVITA DESTI ARISANDI GULTOM, NIM. 08420107 (2016) SUPERVISI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MTS MAARIF AL-MUNAWAROH TUMIJAJAR LAMPUNG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22501/2/1220410015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22501/1/1220410015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf