<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika\r\nberbasis kontekstual REACT yang layak dan mengetahui dampak penggunaan\r\nbahan ajar matematika terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah\r\nsiswa. Jenis penelitian ini adalah design research dengan model Gravemeijer dan\r\nCobb yang terdiri atas tiga tahapan yaitu preparing for the experiment, design\r\nexperiment, dan retrospective analysis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas\r\nXI IPA 1 MAN Lab UIN Yogyakarta tahun ajaran 2015/ 2016.\r\nKriteria ketercapaian penelitian ini terdiri dari tiga aspek, yaitu validitas,\r\nefektivitas dan praktibilitas. Bahan ajar dikatakan valid jika mendapatkan\r\npenilaian baik atau sangat baik dari para ahli. Efektivitas bahan ajar dapat dilihat\r\ndampak proses dan dampak hasil penggunaan bahan ajar. Dampak hasil dilihat\r\ndari ketercapaian hasil belajar siswa (post-test) terhadap KKM yaitu 75 dengan\r\npersentase siswa yang mencapai KKM lebih dari 60%. Praktibilitas penggunaan\r\nbahan ajar dapat dilihat dari hasil respon siswa, yaitu bahan ajar mendapatkan\r\nrespon positif berdasarkan skala sikap siswa.\r\nHasil penelitian ini adalah bahan ajar matematika berbasis kontekstual\r\nREACT dikembangkan berdasarkan karakteristik kontekstual REACT diawali\r\ndengan konteks sehari-hari untuk menggali pengetahuan melalui pengalaman\r\nyang dimiliki siswa, aktivitas menemukan, kegiatan diskusi, dan latihan soal.\r\nBahan ajar yang dikembangkan telah mencapai kriteria kelayakan yaitu valid,\r\nefektif, dan praktis. Hasil penilaian bahan ajar masuk dalam kategori sangat baik.\r\nEfektivitas dilihat dari dampak proses dan dampak hasil. Dampak proses\r\npenggunaan bahan ajar dapat dikatakan baik dengan melihat proses pembelajaran\r\ntelah mengikuti petunjuk penggunaan bahan ajar, sedangkan dampak hasil dilihat\r\ndari hasil post-test yang menunjukkan rata-rata 76,94 untuk pemahaman konsep\r\ndan 75,16 untuk pemecahan masalah dengan persentase ketuntasan masingmasing\r\n70,97% dan 64,25%. Praktibilitas bahan ajar yang dikembangkan\r\nmendapatkan respon positif dengan skor rata-rata 46,43 dari skor maksimal 60\r\ndengan persentase 77,38%. Dampak yang diperoleh dari penggunaan bahan ajar\r\ntersebut bahwa siswa lebih antusias dan aktif terhadap pembelajaran, lebih\r\ntermotivasi dan tertantang untuk menyelesaikan masalah yang ada.\r\nKata kunci: Bahan ajar matematika, Kontekstual, REACT, pemahaman konsep, pemecahan masalah."^^ . "2016-06-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "Fakultas Sains dan Teknologi, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM.12600021"^^ . "Nur Faidah"^^ . "NIM.12600021 Nur Faidah"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS (Text)"^^ . . . . . "12600021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22512 \n\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .