eprintid: 22517 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/25/17 datestamp: 2016-10-18 04:12:33 lastmod: 2016-10-18 04:12:33 status_changed: 2016-10-18 04:12:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Cahya Riksa Wibawa, NIM.12490095 title: MANAJEMEN PENDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM PEMBENTUKAN SANTRI MANDIRI DI PONDOK MARDHOTULLAH WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Manajemen Pendidikan, life skills, Pesantren Mardhotullah note: Drs. H. Mangun Budianto, M. SI abstract: Cahya Riksa Wibawa, Manajemen Pendidikan Life Skills Dalam Pembentukan Santri Mandiri di Pondok Mardhotullah Wonosari Gunungkidul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap Manajemen Pendidikan Life skills di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen pendidikan life skills yang meliputi Planning, organizing, actuating, controlling pendidikan life skills di pondok pesantren Mardotullah Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di pondok pesantren Mardhotullah Wonosari Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analitis data dengan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi serta dikombinasikan dengan cara teori. Hasil penelitian menunjukan: (1) manajemen pendidikan life skills dalam proses manajemen menggunakan POAC. Dalam pelaksanaan pendidikan life skills menggunakan planning rencana perencaaan pendidikan, setelah itu menggunakan organizing melalui komunikasi dan kerja sama, sedangkan dalam actuating melalui motivasi dan gaya kepemimpinan, controlling melalui evaluasi proses dan evaluasi hasil pendidikan life skills. (2) Faktor pendukung manajemen pendidikan life skills adalah (a) SDA yang melimpah (b) latar belakang santri dari pedesaan (3) Faktor penghambat (a) kurang terbukanya orang tua (b) kurang menyatukan arahan.(4) kontribusi Manajemen Pendidikan life skills bagi santri dan pondok pesantren adalah (a) kemandirian ekonomi dan sosial santri (b) penghematan pengeluaran pondok pesantren. date: 2016-08-29 date_type: published pages: 147 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Cahya Riksa Wibawa, NIM.12490095 (2016) MANAJEMEN PENDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM PEMBENTUKAN SANTRI MANDIRI DI PONDOK MARDHOTULLAH WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22517/1/12490095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22517/2/12490095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf