eprintid: 22517
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 111
dir: disk0/00/02/25/17
datestamp: 2016-10-18 04:12:33
lastmod: 2016-10-18 04:12:33
status_changed: 2016-10-18 04:12:33
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Cahya Riksa Wibawa, NIM.12490095
title: MANAJEMEN PENDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM PEMBENTUKAN
SANTRI MANDIRI DI PONDOK MARDHOTULLAH WONOSARI
GUNUNGKIDUL
YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016
ispublished: pub
subjects: mkpi
divisions: jur_kis2
full_text_status: restricted
keywords: Manajemen Pendidikan, life skills, Pesantren Mardhotullah
note: Drs. H. Mangun Budianto, M. SI
abstract: Cahya Riksa Wibawa, Manajemen Pendidikan Life Skills Dalam
Pembentukan Santri Mandiri di Pondok Mardhotullah Wonosari Gunungkidul
Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap
Manajemen Pendidikan Life skills di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis implementasi manajemen pendidikan life skills yang meliputi Planning,
organizing, actuating, controlling pendidikan life skills di pondok pesantren
Mardotullah Wonosari Gunungkidul Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di
pondok pesantren Mardhotullah Wonosari Yogyakarta. Teknik pengumpulan data
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analitis data dengan
pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Pemeriksaan keabsahan data
dengan cara triangulasi serta dikombinasikan dengan cara teori.
Hasil penelitian menunjukan: (1) manajemen pendidikan life skills dalam
proses manajemen menggunakan POAC. Dalam pelaksanaan pendidikan life skills
menggunakan planning rencana perencaaan pendidikan, setelah itu menggunakan
organizing melalui komunikasi dan kerja sama, sedangkan dalam actuating melalui
motivasi dan gaya kepemimpinan, controlling melalui evaluasi proses dan evaluasi
hasil pendidikan life skills. (2) Faktor pendukung manajemen pendidikan life skills
adalah (a) SDA yang melimpah (b) latar belakang santri dari pedesaan (3) Faktor
penghambat (a) kurang terbukanya orang tua (b) kurang menyatukan arahan.(4)
kontribusi Manajemen Pendidikan life skills bagi santri dan pondok pesantren adalah
(a) kemandirian ekonomi dan sosial santri (b) penghematan pengeluaran pondok
pesantren.
date: 2016-08-29
date_type: published
pages: 147
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Cahya Riksa Wibawa, NIM.12490095  (2016) MANAJEMEN PENDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM PEMBENTUKAN SANTRI MANDIRI DI PONDOK MARDHOTULLAH WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22517/1/12490095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22517/2/12490095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf