eprintid: 22522 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/25/22 datestamp: 2016-10-18 04:38:23 lastmod: 2016-10-18 04:38:23 status_changed: 2016-10-18 04:38:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KANIA HALISANDI, NIM. 12490110 title: SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT TAQIYUDDIN AN-NABHANI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAM SKRIPSI ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Sistem Pendidikan Islam, Kepribadian Islam, Taqiyuddin an-Nabhani note: Dr.Hj.Juwariyah, M.Ag, abstract: Kania Halisandi, Sistem Pendidikan Islam Menurut Taqiyuddin an- Nabhani dalam Membentuk Kepribadia Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Fakta sistem pendidikan Islam yang saat ini belum berhasil membentuk kepribadian Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaiamana pandangan Taqiyuddin an-Nabhani mengenai sistem pendidikan Islam, kepribadian Islam, dan proses membentuk kepribadian Islam melalui sistem pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan obyek penelitian kitab Syakhshiyah Islamiyah karangan Taqiyuddin an- Nabhani dan didukung oleh beberapa buku lain. Dalam tingkat penjelasannya, penelitian ini bersifat deskriptif. Sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil Penelitian menunjukan bahwa menurut Taqiyuddin an-Nabhani sistem pendidikan yang unggul adalah sistem pendidikan Islam yang memiliki tujuan utama yakni membentuk kepribadian Islam dan mencetak peserta didik menguasai ilmu pengetahuan maupun ahli sains dan teknologi. Kepribadian Islam menurut Taqiyuddin an-Nabhani akan terlahir dari pola pikir (mafahim) dan pola sikap (nafsiyah) manusia dalam memahami hakikat diriya dan potensi-potensi yang ada dalam dirinya. Dalam membentuk kepribadian Islam melalui sistem pendidikan Islam, minimal ada 3 hal yang harus menjadi perhatian. Pertama, sinergi antara sekolah, masyarakat, keluarga dan negara. Kedua, kurikulum yang terstruktur dan terprogram mulai dari tingkat TK hingga Perguruan Tinggi. Ketiga, berorientasi pada pembentukan tsaqâfah Islam, kepribadian Islam, dan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan. date: 2016-09-08 date_type: published pages: 125 institution: SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT TAQIYUDDIN AN-NABHANI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAM SKRIPSI department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: KANIA HALISANDI, NIM. 12490110 (2016) SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT TAQIYUDDIN AN-NABHANI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAM SKRIPSI. Skripsi thesis, SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT TAQIYUDDIN AN-NABHANI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAM SKRIPSI. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22522/1/12490110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22522/2/12490110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf