<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Subject Specific Pedagogy\r\nmatematika kelas VIII pada kompetensi dasar 4.3 dan 4.6 dengan pendekatan\r\nsaintifik untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa. Tujuan lain dari penelitian\r\nini yaitu menghasilkan Subject Specific Pedagogy matematika kelas VIII pada\r\nkompetensi dasar 4.3 dan 4.6 dengan pendekatan saintifik yang berkualitas untuk\r\nmemfasilitasi pemahaman konsep siswa.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and\r\ndevelopment). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini\r\nmerupakan adaptasi dari model Borg dan Gall. Adapun tahap-tahap pengembangan\r\nyang digunakan yaitu: 1) melakukan analisis produk yang dikembangkan; 2)\r\nmengembangkan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan\r\nskala kecil dan revisi produk; 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir.\r\nInstrumen yang digunakan meliputi lembar skala penilaian SSP, lembar skala\r\nrespon siswa, dan lembar soal post-test. Data yang diperoleh dianalisis\r\nmenggunakan teknik persentase.\r\nBerdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) SSP matematika\r\ndengan pendekatan saintifik berhasil dikembangkan dengan lima tahap\r\npengembangan Borg dan Gall; 2) kualitas SSP yang dikembangkan adalah sangat\r\nbaik dengan persentase keidealan 84,32% berdasarkan validasi ahli. Berdasarkan\r\nhasil post-test, SSP matematika dikatakan telah berhasil memfasilitasi pemahaman\r\nkonsep siswa pada KD 4.3 dan 4.6. Hal ini dilihat dari 74,19% dari banyaknya\r\nsiswa yang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih besar dari Kriteria\r\nKetuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan respon siswa terhadap pembelajaran\r\ndengan menggunakan SSP matematika yang dikembangkan sebesar 74,26%\r\ndengan kriteria positif. Berdasarkan Keterlaksanaan SSP diperoleh kategori sangat\r\nbaik untuk kegiatan guru dengan persentase keidealan 82,73% dan kegiatan siswa\r\ndengan persentase keidealan 78,20%. Oleh karena itu, SSP matematika dengan\r\npendekatan saintifik pada KD 4.3 dan 4.6 telah layak digunakan dalam\r\npembelajaran matematika.\r\nKata Kunci: Subject Specific Pedagogy, Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep"^^ . "2016-06-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "Fakultas Sains dan Teknologi, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12600041"^^ . "SHOLLI UMMU ZULFA"^^ . "NIM. 12600041 SHOLLI UMMU ZULFA"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Text)"^^ . . . . . "12600041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22526 \n\nPENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .