TY - THES N1 - Dr. H. Sukamta, M.A. ID - digilib22548 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22548/ A1 - SITI SULAIKHO, SPDI, NIM. 1220410146 Y1 - 2016/08/19/ N2 - Siti Sulaikho, S.Pd.I, 2016., Cara Cepat Belajar Kitab Kuning (Studi tentang Implementasi Sistem Nub?ah al-Bayãn di LPI Maktuba Al-Majidiyah, Palduding, Pamekasan, Madura). Latar belakang penelitian ini adalah karena LPI Maktuba Al-Majidiyah yang merupakan pondok pesantren salaf, menyusun buku untuk mempermudah belajar kitab klasik/kitab kuning. Penyusunan ini tergolong tidak biasa karena pada umumnya di Madura, melestarikan peninggalan ulama salaf adalah hal yang paling diutamakan. Terlebih Nub?ah al-Bayãn hanya mengambil materi-materi yang dibutuhkan untuk membaca kitab dengan cepat, tidak mempelajari secara sistematis kitab-kitab tersebut. Alasan lainnya adalah meskipun masih berusia kurang dari sembilan tahun, tapi Nub?ah al-Bayãn telah memiliki 130 cabang di Jawa dan Madura. Zamakhsary Dhofir menyebutkan bahwa pesantren memiliki lima elemen dasar, yaitu pondok, masjid, santri, kyai, dan pengajaran kitab klasik/kitab kuning. Nurcholish Madjid dan Muhammad Tholhah Hasan memberi kritikan terhadap bandongan/wetonan dan sorogan antara kyai atau ustad dan santri yang menjadi ciri khas pengajaran kitab kuning ala pesantren. Sementara pemerintah telah menetapkan dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 mengenai perubahan paradigma dari pengajaran bergeser ke pembelajaran. Selain itu, berbagai metode dan teknik ditawarkan oleh para ahli untuk mempermudah penyampaian materi kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Triangulasi teknik lebih banyak diterapkan daripada triangulasi sumber. Adapun analisis data yang digunakan adalah teori Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nub?ah al-Bayãn yang merupakan rangkuman dari al-?Imri??, Alfiyah Ibn Mãlik, Nub?ah (nama kitab yang lain), Qawa?id al-I?rab, dan al-Maqs?d tidak hanya digunakan sebagai nama dari buku, tapi juga digunakan sebagai nama metode dan jenjang pendidikan di LPI Maktuba Al-Majidiyah. Hasil lainnya adalah implementasi Nub?ah al-Bayãn di kelas bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan dari program Nub?ah al-Bayãn, tapi sistem yang berlaku di LPI Maktuba Al-Majidiyah juga berperan besar dalam tercapainya keberhasilan program Nub?ah al-Bayãn. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kitab Kuning KW - Sistem KW - Nub?ah al-Bayãn M1 - masters TI - CARA CEPAT BELAJAR KITAB KUNING (STUDI TENTANG IMPLEMENTASI SISTEM NUB?AH AL-BAYÃN DI LPI MAKTUBA AL-MAJIDIYAH, PALDUDING, PAMEKASAN, MADURA) AV - restricted ER -