TY - THES N1 - Dr.Muhammad Amin, Lc, M.A ID - digilib22553 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22553/ A1 - INDI NUZULA KURNIAWATI, NIM. 1420410001 Y1 - 2016/08/19/ N2 - Proses pembelajaran merupakan proses penyampaian informasi atau proses komunikasi. Seringkali guru mengalami kendala dalam melakukan komunikasi dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itulah maka dalam proses pembelajaran diperlukan alat bantu atau media untuk mempermudah siswa dalam belajar. Sedangkan dalam pembelajaran bahasa Arab, buku teks yang ada masih sulit untuk dipahami langsung oleh siswa, akibatnya siswa sulit memahami isi buku teks. Hal ini dikarenakan kurangnya alat bantu berupa media kamus dalam pembelajaran. Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penilitian dan pengembangan (reseach and development), dengan menggunakan metode Dick & Carey dan Borg & Gall yang disederhanakan. Pengembangan media dilakukan dalam empat tahapan yaitu: 1). Melakukan analisis kebutuhan (need assesment) melalui observasi, studi literatur, dan analisis karakteristik santri, 2). Menyusun produk awal, 3). Mengevaluasi produk berdasarkan masukan para ahli, 4). Melakukan uji coba lapangan. Dalam proses pembuatan kamus peneliti menggunakan teori leksikologi bahasa Arab dan leksikologi dan leksikografi Indonesia karangan Taufiqurrochman dan Abdul Chaer. Adapun hasil dari uji validasi media oleh ahli IT/desain, diketahui total untuk aspek desain adalah 95% dengan kategori "sangat baik". Dari aspek materi, diketahui bahwa penilaian ahli materi pada aspek materi adalah 97% dengan kategori "sangat baik". Sehingga dapat disimpulkan bahwa media dari segi aspek desain dan materi sudah layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran. tanggapan/respon 33 santri terhadap kualitas media yang dikembangkan yaitu aspek desain diketahui bahwa respon santri adalah 83% atau kategori "baik". Sedangkan dari aspek materi, adalah 88% atau kategori "baik". Sedangkan tanggapan atau respon dari pengajar bahasa Arab terhadap kualitas media yang dikembangkan yaitu dari aspek desain didapatkan 90% atau dengan kategori "baik". Sedangkan dari aspek materi 90% dengan kategori "baik". PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Pembelajaran dan kamus. M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAMUS AL-MUSA`ID PADA BUKU AL-`ARABIYAH LIN-NASYI`IN JILID II DI PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN- LAMONGAN AV - restricted ER -