%0 Thesis %9 Skripsi %A Samsi Dariyah NIM: 03420309, %B /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ %D 2009 %F digilib:2256 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Eksperimentasi, Strategi, Active Learning, The Great Wind Blows, Mufrodat %T EKSPERIMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THE GREAT WIND BLOWS DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT DI MTsN JANTEN TEMON KULON PROGO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2256/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mufrodat dalam kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan strategi Active Learning tipe The Great Wind Blows dalam pembelajaran mufrodat) pada siswa kelas VII MTsN Janten Temon KUlon Progo. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan (field research) dimana penelitian ini dilaksanakan di MTsN Janten Temon KUlon Progo. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk perhitungan analisis data menggunakan bantuan progaram SPSS Versi 13,0 for windows. Pada uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus kolmogorov-smirnov, sedangkan uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan rumus uji F. Analisis data yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan rumus uji “tâ€Â. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mufrodat dalam kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan strategi Active Learning Tipe The Great Wind Blows dalam pembelajaran mufrodat) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa enggunakan strategi Active Learning Tipe The Great Wind Blows dalam elajaran mufrodat). Hal ini berarti bahwa pembelajaran mufrodat dengan gunakan Strategi Active Learning tipe The Great Wind Blows terbukti cukup efektif meningkatkan hasil belajar mufrodat siswa kelas VII MTsN Janten Temon Kulon Progo. %Z Pembimbing : Drs. H. A. Rodli, M.pd