<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI\r\nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI\r\nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan\r\nevaluasi dalam pembelajaran mahārah kitābah bahasa Arab di kelas XI IPA MA\r\nRoudlotusysyubban Winong Pati di tinjau dari aspek psikologi kognitif Jerome\r\nSeymour Bruner.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian\r\nlapangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan\r\npendekatan fenomenologi dan mengambil objek penelitian di kelas XI IPA MA\r\nRoudlotusysyubban Pati. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi\r\nnon partisipasi (nonparticipatory observation), metode wawancara bebas\r\nterpimpin, dan dokumentasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan oleh\r\nguru bahasa Arab dengan menyusun silabus dan RPP dengan pendekatan\r\nscientific approach yang memfasilitasi peserta didik untuk aktif mencari\r\npengetahuan baru secara mandiri melalui lima proses: mengamati, menanya,\r\nmengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, serta\r\nmengkomunikasikan. Pendekatan saintifik ini sejalan dengan teori Jerome\r\nSeymour Bruner yang menyatakan bahwa belajar adalah proses sampai peserta\r\ndidik dapat menemukan sendiri pengetahuannya. Guru berorientasi pada peserta\r\ndidik untuk mencari permasalahan dan point of view. 2) Pelaksanaan yang\r\ndilakukan oleh guru bahasa Arab dengan melalui lima langkah yaitu: a) persiapan\r\nmengajar, b) perhidangan materi pelajaran mahārah kitābah mencontoh, imla’\r\ndan insya’ muwajjahah, c) asosiasi informasi materi baru dengan yang lama, d)\r\ntransformasi atau kesatuan konsep, e) praktis latihan-latihan mahārah kitābah\r\nbahasa Arab. Pelaksanaan tahap pembelajaran Jerome Seymour Bruner siswa\r\nmasih menggunakan objek perantara (ikonik) guru belum memaksimalkan\r\nberpikir abstrak siswa ke tahap simbolik. 3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru\r\nbahasa Arab dengan tes aspek mekanis (menyalin, dikte, pilihan ganda,\r\nmelengkapi, mengidentifikasi kesalahan, dan mengidentifikasi penulisan kata\r\nyang disambung atau dipisah) dan tes yang menguji kemampuan logis berbentuk\r\ntes terbimbing insyā muwajjah (karangan tersetruktur), mencakup pengetahuan\r\nyang memadai tentang kosakata, tata bahasa, dan penggunaan bahasa tersebut.\r\nMelalui penggalian data angka dari tes dan non tes hasil kemampuan siswa dalam\r\nmemecahkan masalah sesuai dengan tahap perkembangan kognitifnya, guru dapat\r\nmengetahui dan memahami kemampuan kognitif masing-masing peserta didik\r\ndalam ketuntasan belajar, para siswa memperoleh angka 75 ke atas. Ditinjau dari\r\naspek psikologi kognitif Jerome Seymour Bruner guru memahami siswa telah\r\nmemiliki kemampuan yang cukup untuk meningkatkan proses belajar."^^ . "2016-08-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320411164"^^ . "ETEY QOMARIAH, SPDI"^^ . "NIM. 1320411164 ETEY QOMARIAH, SPDI"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI\r\nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI\r\nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER (Text)"^^ . . . "PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI\r\nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI\r\nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER (Text)"^^ . . . "1320411164_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI\r\nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI\r\nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI\r\nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI\r\nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI\r\nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI\r\nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI\r\nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI\r\nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI\r\nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI\r\nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI\r\nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI\r\nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI\r\nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI\r\nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI\r\nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI\r\nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #22602 \n\nPEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI \nIPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI \nASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .