%0 Thesis %9 Skripsi %A OKTORA MILASARI NIM: 04420942, %B /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ %D 2009 %F digilib:2263 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Peran, Pendamping, Prestasi, Belajar, Bahasa Arab, Siswa, Madrasah %T PERAN PENDAMPING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs MADRASAH MU'ALIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2263/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa proses pendampingan siswa di MTs Madrasah Mu'alimat Muhammadiyah Yogyakarta, serta untuk megetahui apa saja peran pendampingan terhadap peningkatan prestasi belajar Bahasa Arab siswa MTs Madrasah Mu'alimat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar asrama MTs Madrasah Mu'alimat Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : Proses pendampingan yang ada di MTs Madrasah Mu'alimat Muhammadiyah Yogyakarta tidak hanya dilakukan pada saat siswa belajar saja, akan tetapi para pendamping disini mempunyai peran yang lebih dari itu, yaitu sebagai pendidik juga. Dalam pelaksanaannya interaksi yang terjadi antara siswa dan pendamping adalah interaksi edukatif, dimana antara siswa dan pendamping hanya harus sama-sama aktif, dalam arti bahwa pendamping tidak hanya pemberi aksi tetapi juga penerima aksi yang diberikan oleh siswa. Dalam proses pendampingan yang ada, pendamping juga dengan sadar berusaha untuk mengubah tingkah laku, sikap dan perbuatan siswa menjadi lebih baik. Selain itu pendamping juga berupaya melakukan pendampingan guna meningkatkan prestasi belajar bahasa siswa, khususnya bahasa Arab (Mufrodat, mahfudhot, dan muhadatsah), yang digambarkan dalam proses edukatif yang berlangsung di asrama. Dalam hal meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab, usaha yang telah dilakukan para pendamping adalah seperti : menempel kosakata bahasa Arab pada tempat-tempat strategis di Asrama, mengulang kembali mata pelajaran bahasa Arab yang sudah dipelajari di Madrasah, khusunya bagi siswa yang belum paham betul, serta memberikan motivasi kepada siswa. Dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan oleh para pendamping, prestasi belajar bahasa Arab yang telah dicapai di asrama MTs Madrasah Mu'alimat Muhammadiyah Yogyakarta adlah siswa dapat menghafal kosakata bahasa Arab yang telah diajarkan oleh para pendamping dan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari, siswa dapat memahami terjemahan kalimat-kalimat sederhana, serta siswa dapat melafalkan da menggunakan kalimat bahasa Arab dalam pelajaran muhadasah yang telah diajarkan untuk percakapan sehari-hari %Z Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si