@mastersthesis{digilib22642,
           month = {August},
           title = {KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVEOUR THERAPY
BERBASIS ISLAM PADA SISWA YANG MENGALAMI
CRISIS SELF- ESTEEM
(STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BABADAN BARU
SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM. 1420410036 DRS SISMADI},
            year = {2016},
            note = {Dr. Nurjanah, M.Si.},
        keywords = {REBT, Berbasis Islam, self esteem},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22642/},
        abstract = {Drs. Sismadi: Konseling Rational Emotive Behaveour Therapy berbasis
Islam Pada Siswa yang Mengalami Krisis Self Esteem (Studi Eksperimen
Pada Siswa MTs Negeri Babadan Baru Sleman Tahun 2015/2016). Tesis.
Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Konseling Rational
Emotive Behaveour Therapy berbasis Islam dalam meningkatkan self-esteem
siswa MTs Negeri Babadan Baru Sleman Tahun 2015/2016. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni menggunakan konseling
Rational Emotive Behaveour Therapy berbasis Islam dalam meningkatkan selfesteem
siswa MTs N Babadan Baru Sleman. Teknik Purposive sampling
digunakan untuk memperoleh subjek penelitian yang mengalami self-esfeem
rendah. Subjek Penelitian adalah siswa MTs N Babadan Baru Sleman yang
berjumlah 8 (delapan) orang yang mengalami self-esteem rendah. Pemberian
layanan konseling dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy
berbasis Islam yang dilakukan secara kelompok berlangsung dalam 4 sesi dan
setiap sesinya berlangsung sekitar 60-90 menit.
Penelitian ini dirancang menggunakan one group pre-test and post-test
design (desain perlakuan ulang) dengan mengukur sebelum diberikan perlakuan
dan setelah diberikan perlakuan. Pengukuran self-esteem dilakukan dengan
menggunakan skala self-esteem adopsi dari skala self-esteem Copersmith dengan
modifikasi. Skala dimodifikasi dalam model skala Likert yang dikalibrasikan
dengan uji validitas dan koefisien reliabilitas. Uji Validitas butir dihitung dengan
memakai koefisien Alpha Cronbach Data penelitian dianalisis dengan
menggunakan analisis Uji Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rangk Test). Uji analisis
dihitung dengan bantuan program SPSS for windows seri 23.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa Konseling Rational Emotive
Behaviour Therapy berbasis Islam terbukti efektif meningkatkan self-esteem dari
kategori rendah (pre-test) menjadi kategori tinggi (post-test) setelah perlakuan.
Hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh berupa peningkatan self-esteem
siswa antara skor pre-test dan post-test dengan nilai sign = 0,012; p  0.05. Hasil
analisis kuantitatif menunjukkan bahwa konseling Rational Emotive Behaviour
Therapy berbasis Islam akan memberikan hasil yang lebih optimal apabila
diberikan kepada subjek yang memiliki kapasitas intelektual rata-rata atas dan
aktif selama terapi berlangsung.}
}