%0 Thesis
%9 Masters
%A DRS SISMADI, NIM. 1420410036
%B PROGRAM PASCASARJANA
%D 2016
%F digilib:22642
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K REBT, Berbasis Islam, self esteem
%T KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVEOUR THERAPY  BERBASIS ISLAM PADA SISWA YANG MENGALAMI  CRISIS SELF- ESTEEM  (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BABADAN BARU  SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22642/
%X Drs. Sismadi: Konseling Rational Emotive Behaveour Therapy berbasis  Islam Pada Siswa yang Mengalami Krisis Self Esteem (Studi Eksperimen  Pada Siswa MTs Negeri Babadan Baru Sleman Tahun 2015/2016). Tesis.  Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan  Kalijaga, 2016.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Konseling Rational  Emotive Behaveour Therapy berbasis Islam dalam meningkatkan self-esteem  siswa MTs Negeri Babadan Baru Sleman Tahun 2015/2016. Metode penelitian  yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni menggunakan konseling  Rational Emotive Behaveour Therapy berbasis Islam dalam meningkatkan selfesteem  siswa MTs N Babadan Baru Sleman. Teknik Purposive sampling  digunakan untuk memperoleh subjek penelitian yang mengalami self-esfeem  rendah. Subjek Penelitian adalah siswa MTs N Babadan Baru Sleman yang  berjumlah 8 (delapan) orang yang mengalami self-esteem rendah. Pemberian  layanan konseling dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy  berbasis Islam yang dilakukan secara kelompok berlangsung dalam 4 sesi dan  setiap sesinya berlangsung sekitar 60-90 menit.  Penelitian ini dirancang menggunakan one group pre-test and post-test  design (desain perlakuan ulang) dengan mengukur sebelum diberikan perlakuan  dan setelah diberikan perlakuan. Pengukuran self-esteem dilakukan dengan  menggunakan skala self-esteem adopsi dari skala self-esteem Copersmith dengan  modifikasi. Skala dimodifikasi dalam model skala Likert yang dikalibrasikan  dengan uji validitas dan koefisien reliabilitas. Uji Validitas butir dihitung dengan  memakai koefisien Alpha Cronbach Data penelitian dianalisis dengan  menggunakan analisis Uji Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rangk Test). Uji analisis  dihitung dengan bantuan program SPSS for windows seri 23.  Hasil analisis data menunjukkan bahwa Konseling Rational Emotive  Behaviour Therapy berbasis Islam terbukti efektif meningkatkan self-esteem dari  kategori rendah (pre-test) menjadi kategori tinggi (post-test) setelah perlakuan.  Hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh berupa peningkatan self-esteem  siswa antara skor pre-test dan post-test dengan nilai sign = 0,012; p  0.05. Hasil  analisis kuantitatif menunjukkan bahwa konseling Rational Emotive Behaviour  Therapy berbasis Islam akan memberikan hasil yang lebih optimal apabila  diberikan kepada subjek yang memiliki kapasitas intelektual rata-rata atas dan  aktif selama terapi berlangsung.
%Z Dr. Nurjanah, M.Si.