eprintid: 22642
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/02/26/42
datestamp: 2016-11-22 08:19:43
lastmod: 2016-11-22 08:19:43
status_changed: 2016-11-22 08:19:43
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: DRS SISMADI, NIM. 1420410036
title: KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVEOUR THERAPY
BERBASIS ISLAM PADA SISWA YANG MENGALAMI
CRISIS SELF- ESTEEM
(STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BABADAN BARU
SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
ispublished: pub
subjects: pen_isl
divisions: pps_pai
full_text_status: restricted
keywords: REBT, Berbasis Islam, self esteem
note: Dr. Nurjanah, M.Si.
abstract: Drs. Sismadi: Konseling Rational Emotive Behaveour Therapy berbasis
Islam Pada Siswa yang Mengalami Krisis Self Esteem (Studi Eksperimen
Pada Siswa MTs Negeri Babadan Baru Sleman Tahun 2015/2016). Tesis.
Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Konseling Rational
Emotive Behaveour Therapy berbasis Islam dalam meningkatkan self-esteem
siswa MTs Negeri Babadan Baru Sleman Tahun 2015/2016. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni menggunakan konseling
Rational Emotive Behaveour Therapy berbasis Islam dalam meningkatkan selfesteem
siswa MTs N Babadan Baru Sleman. Teknik Purposive sampling
digunakan untuk memperoleh subjek penelitian yang mengalami self-esfeem
rendah. Subjek Penelitian adalah siswa MTs N Babadan Baru Sleman yang
berjumlah 8 (delapan) orang yang mengalami self-esteem rendah. Pemberian
layanan konseling dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy
berbasis Islam yang dilakukan secara kelompok berlangsung dalam 4 sesi dan
setiap sesinya berlangsung sekitar 60-90 menit.
Penelitian ini dirancang menggunakan one group pre-test and post-test
design (desain perlakuan ulang) dengan mengukur sebelum diberikan perlakuan
dan setelah diberikan perlakuan. Pengukuran self-esteem dilakukan dengan
menggunakan skala self-esteem adopsi dari skala self-esteem Copersmith dengan
modifikasi. Skala dimodifikasi dalam model skala Likert yang dikalibrasikan
dengan uji validitas dan koefisien reliabilitas. Uji Validitas butir dihitung dengan
memakai koefisien Alpha Cronbach Data penelitian dianalisis dengan
menggunakan analisis Uji Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rangk Test). Uji analisis
dihitung dengan bantuan program SPSS for windows seri 23.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa Konseling Rational Emotive
Behaviour Therapy berbasis Islam terbukti efektif meningkatkan self-esteem dari
kategori rendah (pre-test) menjadi kategori tinggi (post-test) setelah perlakuan.
Hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh berupa peningkatan self-esteem
siswa antara skor pre-test dan post-test dengan nilai sign = 0,012; p  0.05. Hasil
analisis kuantitatif menunjukkan bahwa konseling Rational Emotive Behaviour
Therapy berbasis Islam akan memberikan hasil yang lebih optimal apabila
diberikan kepada subjek yang memiliki kapasitas intelektual rata-rata atas dan
aktif selama terapi berlangsung.
date: 2016-08-19
date_type: published
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: PROGRAM PASCASARJANA
thesis_type: masters
thesis_name: other
citation:   DRS SISMADI, NIM. 1420410036  (2016) KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVEOUR THERAPY BERBASIS ISLAM PADA SISWA YANG MENGALAMI CRISIS SELF- ESTEEM (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BABADAN BARU SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016).  Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22642/2/1420410036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22642/1/1420410036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf