%0 Thesis
%9 Masters
%A ARINI IZZATI KHAIRINA, SPD I, NIM. 1420410052
%B PROGRAM PASCASARJANA
%D 2016
%F digilib:22644
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K WhatsApp, Media Pembelajaran, Bahasa Arab
%T PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP  SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB  DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22644/
%X Arini Izzati Khairina, 1420410052. Pengembangan Media Soial WhatsApp  Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada  Yogyakarta. 2016.  Di era teknologi yang semakin canggih, smartphone merupakan alat  komunikasi yang telah meluas ditengah masyarakat maupun dikalangan pelajar.  Media sosial yang terdapat dalam smartphone merupakan media interaksi sosial  yang menawarkan efisiensi, kemudahan diakses dan daya jelajah lebih luas.  Sedangkan WhatsApp merupakan suatu layanan pesan yang menggunakan  sambungan internet ponsel pengguna untuk chatting dengan pengguna WhatsApp  lainnya. Dengan WhatsApp, orang bisa saling tukar pesan, gambar, audio, video,  lokasi dan kontak.Oleh karena itu, penelitian ini penulis anggap penting dilakukan  dengan tujuan memanfaatkan WhatsApp sebagai media pembelajaran bahasa  Arab guna menunjang pembelajaran bahasa Arab di kelas.  Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori B.F Skinner yang  memanfaatkan teknologi pembelajaran berdasarkan teori behaviorisme. teori ini  bertujuan mengubah tingkah laku peserta didik berdasarkan paradigma S-R  (Stimulus Respons) yaitu proses yang memberikan respons tertentu terhadap apa  yang datang dari luar diri individu. Sebagai landasan penggunaan media  menggunakan teori kognitif Bruner yang mengungkapkan bahwa perkembangan  kognitif sesorang berdasarkan tiga tahapan, yaitu: Tahapan Pengalaman  Langsung, Tahapan Pictorial dan Tahapan Simbolik.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau  Research and Development (R&D). Adapun teori pengembangan dalam penelitian  ini, penulis mengacu pada langkah-langkah pengembangan yang dideskripsikan  Brog and Gall oleh sugiyono dalam buku metode kualitatif, kuantitatif dan  (R&D) dengan sepuluh tahapan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan  teknik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pengukuran skala likert.  Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini penulis  menggunakan angket wawancara, dan dokumentasi.  Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa:Pertama, penelitian  ini menghasilkan produk media pembelajaran bahasa Arab berbasis media sosial  WhatsApp berupa media visual dengan materi pokok" ���� , ا �� ر  �� ا   � ���� , ا ����� ا  ����� , ا �� ا��� , ا ���� ا   �" untuk kelas VIII SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Jenis  media ini hanya dibatasi dengan memuat teks dan gambar dan penggunaan media  ini dengan mengirim gambar kedalam group WhatsApp. Adapun langkah-langkah  desain media ini melalui 10 tahapan yaitu potensi masalah, mengumpulkan  informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi  produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan pembuatan produk masal Kedua,  hasil validasai dari ahli materi dapat diketahui bahwa kualitas materi dalam media  pembelajaran ini memiliki kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 73. Dan hasil  validasi dari ahli media memiliki kriteria sangat baik dengan memperoleh skor  x  rata-rata 70. Sedangkan dari subjek uji coba mendapat kriteria baik dengan  memperoleh skor rata-rata 54,46. Ketiga, Untuk kelayakan pengembangan Media  sosial WhatsApp sebagai pembelajaran bahasa Arab ini memiliki kriteria dari  masing-masing ahli materi 85,5%, ahli media 93,3% dan siswa 72,6% sehingga  mendapat skor rata-rata 83,8% dengan kriteria sangat layak digunakan sebagai  penunjang pembelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP IT Syuhada Yogyakarta
%Z Dr. Abdul Munip, M.Ag