eprintid: 22644
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/02/26/44
datestamp: 2016-11-22 08:23:34
lastmod: 2016-11-22 08:23:34
status_changed: 2016-11-22 08:23:34
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: ARINI IZZATI KHAIRINA, SPD I, NIM. 1420410052
title: PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: pen_isl
divisions: pps_pai
full_text_status: restricted
keywords: WhatsApp, Media Pembelajaran, Bahasa Arab
note: Dr. Abdul Munip, M.Ag
abstract: Arini Izzati Khairina, 1420410052. Pengembangan Media Soial WhatsApp
Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada
Yogyakarta. 2016.
Di era teknologi yang semakin canggih, smartphone merupakan alat
komunikasi yang telah meluas ditengah masyarakat maupun dikalangan pelajar.
Media sosial yang terdapat dalam smartphone merupakan media interaksi sosial
yang menawarkan efisiensi, kemudahan diakses dan daya jelajah lebih luas.
Sedangkan WhatsApp merupakan suatu layanan pesan yang menggunakan
sambungan internet ponsel pengguna untuk chatting dengan pengguna WhatsApp
lainnya. Dengan WhatsApp, orang bisa saling tukar pesan, gambar, audio, video,
lokasi dan kontak.Oleh karena itu, penelitian ini penulis anggap penting dilakukan
dengan tujuan memanfaatkan WhatsApp sebagai media pembelajaran bahasa
Arab guna menunjang pembelajaran bahasa Arab di kelas.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori B.F Skinner yang
memanfaatkan teknologi pembelajaran berdasarkan teori behaviorisme. teori ini
bertujuan mengubah tingkah laku peserta didik berdasarkan paradigma S-R
(Stimulus Respons) yaitu proses yang memberikan respons tertentu terhadap apa
yang datang dari luar diri individu. Sebagai landasan penggunaan media
menggunakan teori kognitif Bruner yang mengungkapkan bahwa perkembangan
kognitif sesorang berdasarkan tiga tahapan, yaitu: Tahapan Pengalaman
Langsung, Tahapan Pictorial dan Tahapan Simbolik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau
Research and Development (R&D). Adapun teori pengembangan dalam penelitian
ini, penulis mengacu pada langkah-langkah pengembangan yang dideskripsikan
Brog and Gall oleh sugiyono dalam buku metode kualitatif, kuantitatif dan
(R&D) dengan sepuluh tahapan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan
teknik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pengukuran skala likert.
Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini penulis
menggunakan angket wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa:Pertama, penelitian
ini menghasilkan produk media pembelajaran bahasa Arab berbasis media sosial
WhatsApp berupa media visual dengan materi pokok" ���� , ا �� ر
�� ا 
� ���� , ا ����� ا
����� , ا �� ا��� , ا ���� ا 
�" untuk kelas VIII SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Jenis
media ini hanya dibatasi dengan memuat teks dan gambar dan penggunaan media
ini dengan mengirim gambar kedalam group WhatsApp. Adapun langkah-langkah
desain media ini melalui 10 tahapan yaitu potensi masalah, mengumpulkan
informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi
produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan pembuatan produk masal Kedua,
hasil validasai dari ahli materi dapat diketahui bahwa kualitas materi dalam media
pembelajaran ini memiliki kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 73. Dan hasil
validasi dari ahli media memiliki kriteria sangat baik dengan memperoleh skor
x
rata-rata 70. Sedangkan dari subjek uji coba mendapat kriteria baik dengan
memperoleh skor rata-rata 54,46. Ketiga, Untuk kelayakan pengembangan Media
sosial WhatsApp sebagai pembelajaran bahasa Arab ini memiliki kriteria dari
masing-masing ahli materi 85,5%, ahli media 93,3% dan siswa 72,6% sehingga
mendapat skor rata-rata 83,8% dengan kriteria sangat layak digunakan sebagai
penunjang pembelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP IT Syuhada Yogyakarta
date: 2016-08-19
date_type: published
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: PROGRAM PASCASARJANA
thesis_type: masters
thesis_name: other
citation:   ARINI IZZATI KHAIRINA, SPD I, NIM. 1420410052  (2016) PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA.  Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22644/2/1420410052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22644/1/1420410052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf