<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA\r\nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH\r\nWA AT-TA’LIM\r\n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK)"^^ . "ROFIQ HAMZAH, S.Pd.I. 1420410054, KOMPARASI NIAT BELAJAR\r\nKITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN GARD PENDIDIKAN\r\nKITAB AT-TARBIYAH WA AT-TA’LIM (Metode Hermeneutik dan Pendekatan\r\nEtik), Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga\r\nYogyakarta, 2016.\r\nPenelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya pergeseran motif belajar pada\r\npeserta didik pada lembaga pendidikan Islam. Pesantren, sebagai lembaga pendidikan\r\nIslam yang juga dikenal sebagai benteng moral juga menghadapi permasalahan serupa.\r\nPergeseran motif belajar ini menimbulkan dikotomi yang bias terhadap pesantren oleh\r\nbeberapa pengamat, pesantren salaf yang terbelakang dan pesantren khalaf yang maju.\r\nDalam rangka membangun paradigma yang lebih objektif, penulis meneliti motif belajar\r\nini dari dua kitab yang merepresentasikan pesantren salaf, kitab tersebut adalah kitab\r\n‘Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim karangan K.H. Hasyim Asy’ari khususnya dalam\r\ntopik niat belajar dikomparasikan dengan At-Tarbiyah wa at-Ta’lim karangan Prof. Dr.\r\nMahmud Yunus dalam topik gard pendidikan.\r\nPenelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode hermeneutika\r\nSchleiermacher dan pendekatan imperatif kategoris Immanuel Kant dalam menjawab\r\ntiga pertanyaan. Pertama, Bagaimana telaah hermeneutik Schleiermacher terhadap niat\r\nbelajar dalam kitab ‘Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim ? Kedua, Bagaimana telaah\r\nhermeneutik Schleiermacher terhadap gard pendidikan dalam kitab At-Tarbiyah wa at-\r\nTa’lim ? Ketiga, Bagaimana komparasi dan konsekuensi niat belajar dalam kitab ‘Adab\r\nal-‘Alim wa al-Muta’allim dan gard pendidikan kitab At-Tarbiyah wa at-Ta’lim dilihat\r\ndari perspektif Imperatif Kategoris Immanuel Kant ?\r\nSetelah melakukan proses-analisa dihasilkan tiga temuan, pertama, niat belajar\r\ndalam kitab ‘Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim adalah belajar hanya karena Allah, yaitu\r\nmencari ridlo Allah SWT dan mendekatkan diri kepada Allah SWT semata, dan karena\r\nsebab lain yang bukan Allah. Kedua, gard pendidikan dalam kitab At-Tarbiyah wa at-\r\nTa’lim adalah menyeimbangkan materi agama dan non agama, mencari rizki, mencari\r\nilmu, menanamkan akhlak dan mengarahkan pemanfaatan harta dan ilmu agar tidak\r\ndisalah gunakan sehingga menimbulkan madlarat. Ketiga, distribusi imperatif K.H.\r\nHasyim Asy’ari merata, mulai dari imperatif kategoris, hipotetis-asertoris dan hipotetisproblematis,\r\nsehingga bersifat fleksibel, bersifat formal dan ideal. Sementara imperatif\r\nProf. Dr. Mahmud Yunus hanya bersifat hipotetis-asertoris, sehingga lebih fokus,\r\nmaterial dan pragmatis. Konsekuensi yang muncul adalah pesantren salaf harus lebih\r\nlonggar dan terbuka, sementara pesantren khalaf harus lebih menekankan sisi\r\npragmatisnya."^^ . "2016-08-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410054"^^ . "ROFIQ HAMZAH S PDI"^^ . "NIM. 1420410054 ROFIQ HAMZAH S PDI"^^ . . . . . . "KOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA\r\nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH\r\nWA AT-TA’LIM\r\n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK) (Text)"^^ . . . "KOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA\r\nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH\r\nWA AT-TA’LIM\r\n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK) (Text)"^^ . . . "1420410054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA\r\nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH\r\nWA AT-TA’LIM\r\n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA\r\nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH\r\nWA AT-TA’LIM\r\n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA\r\nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH\r\nWA AT-TA’LIM\r\n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA\r\nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH\r\nWA AT-TA’LIM\r\n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA\r\nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH\r\nWA AT-TA’LIM\r\n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK) (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA\r\nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH\r\nWA AT-TA’LIM\r\n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK) (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA\r\nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH\r\nWA AT-TA’LIM\r\n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK) (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA\r\nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH\r\nWA AT-TA’LIM\r\n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #22646 \n\nKOMPARASI NIAT BELAJAR KITAB ‘ADAB AL-‘ALIM WA \nAL-MUTA’ALLIM DANGARD PENDIDIKAN KITAB ATTARBIYAH \nWA AT-TA’LIM \n(METODE HERMENEUTIK DAN PENDEKATAN ETIK)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .